Mind

Cara Menghadapi Mertua Tiri

By  | 

Memasuki dunia pernikahan jelas kita akan dihadapkan pada keluarga dari pasangan hidup. Termasuk kondisi dan karakter mertua. Betapa bahagianya jika Anda punya mertua yang sangat baik dan perhatian seperti layaknya anak kandung sendiri. Namun, bagaimana bila ekspektasi terhadap mertua tidak sesuai dengan kenyataan?
Misalnya Anda dihadapkan pada posisi di mana harus memiliki mertua tiri. Jelas saja ia memiliki perasaan pilih kasih dengan lebih mementingkan menantu dari anak kandungnya ketimbang Anda. Bagaimana cara menghadapi dan meluluhkan mertua berkarakter seperti ini? Simak ulasannya ya Mams.

1. Hadapi dengan kepala dingin. Memang tidak enak rasanya dibeda-bedakan, apalagi oleh orang terdekat. Nah, jika mertua pilih kasih dengan membeda-bedakan sikapnya alias tidak adil, jangan emosi. Hadapi dengan kepala dingin. Jika Anda emosi justru akan merugikan diri sendiri, bukan?

2. Tunjukkan kelebihan. Kadang-kadang, mertua yang pilih kasih tidak mengetahui betapa berharganya Anda sebagai menantu. Lalu, bagaimana caranya? Tunjukkan kelebihan yang Anda miliki, misalnya, Anda berkemampuan mengembangkan bisnis, teruslah kembangkan bisnis itu sampai maju. Seiring sejalan hati mertua akan luluh dan mulai menyadari usaha dan kerja keras kita yang sudah membuahkan prestasi.

3. Hadiah dan pujian. Setiap orang tentu senang diberi hadiah, termasuk mertua. Ia pasti akan senang bila menantunya memberikan hadiah, apalagi jika hadiah itu sudah lama Anda inginkan. Tak hanya itu, berilah pujian tulus, misalnya memuji bahwa ia lebih awet muda dari umurnya. Dengan seringnya kita memberi hadiah dan pujian, lambat laun mertua akan melirik keberadaan Anda karena telah berusaha menyenangkan hatinya.

4.Komunikasi lancar. Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan mertua pilih kasih, atau tidak suka dengan keberadaan Anda. Salah satunya adalah komunikasi yang kurang lancar. So, biasakanlah berkomunikasi setidaknya satu kali sehari agar hubungan berjalan lebih baik. Walaupun berisiko diabaikan, tetaplah rutin menanyakan kabar mertua agar ia tahu Anda sangat mengkhawatirkan keadaannya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares