Career

Bila Dinas Luar Negeri dalam Waktu Lama Saat hamil

By  | 

Mamas to be, saat sedang hamil ternyata atasan mempercayakan Anda untuk training atau workshop dalam jangka waktu cukup lama di luar negeri. Meskipun bersemangat tentunya Anda agak kebingungan ya dalam mengatur ritme hidup Anda dan janin di dalam kandungan. Apalagi biasanya sebulan sekali Anda harus cek perkembangan Si Kecil ke dokter kandungan yang sudah dipercaya. Nah, agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar, simak tip Smart Mama berikut.

  1. Kunjungi dokter kandungan Anda. Segera konsultasikan perihal perjalanan Anda pada dokter kandungan. Minta pada dokter, vitamin yang biasa Anda konsumsi dengan jumlah yang mencukupi hingga Anda pulang tugas nantinya. Tanyakan juga apakah Anda dapat berkonsultasi dengannya via video call.
  2. Survei dokter kandungan dan rumah sakit setempat. Coba Anda browsing atau bertanya pada orang di kota tujuan seputar dokter kandungan dan rumah sakit terdekat dari tempat training atau tempat tinggal Anda. Simak juga review mengenai reputasi dokter maupun rumah sakit tersebut.
  3. Packing dengan teliti. Yang satu ini harus dipersiapkan jauh hari, pastikan tidak ada barang penting yang tertinggal. Anda juga harus cermat memilih pakaian, sepatu, maupun barang lain yang Anda bawa. Jangan sampai kurang namun jangan berlebihan yang menyebabkan koper Anda jadi overweight. Pilih baju yang dapat dipadupadankan satu sama lain.
  4. Informasikan pada perusahaan penerbangan bahwa Anda sedang hamil. Agar Anda nyaman selama penerbangan, ada baiknya minta pihak perusahaan untuk memberitahukan kondisi Anda pada maskapai penerbangan yang digunakan. Biasanya pihak maskapai akan lebih memerhatikan Anda serta memberikan pelayanan ekstra.
  5. Jaga asupan Anda. Pastikan Anda terhindar dari dehidrasi, jadi kapanpun dan di manapun bawa saja sebotol air mineral. Dehidrasi saat hamil menyebabkan tubuh Anda menjadi lemas. Perhatikan juga asupan makan Anda, pastikan makanan tersebut sehat dan matang. Tak perlu ragu dan sungkan memesan makanan lain jika Anda merasa makanan yang disajikan kurang aman bagi kehamilan Anda.
  6. Istirahat cukup. Setelah training biasanya rekan kerja kerap mengajak Anda makan malam di luar, tidak masalah sih Mams, sayang kan jika Anda tidak menikmati negeri orang saat ada kesempatan, Namun jangan sampai terlalu larut ya Mams, dan hindari tempat yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda maupun janin misalnya di bar yang penuh asap rokok.
  7. Komunikasi dengan pasangan tercinta. Saat hamil rasa rindu pada pasangan memang berkali lipat apalagi Anda berjauhan dalam waktu cukup lama. Gunakan skype atau face time untuk berkomunikasi dengannya ya Mams. Kirim juga foto-foto kegiatan Anda selama di luar negeri. Melakukan cyber sex juga sah-sah saja lho Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Dok. Smart Mama/Rici Linde, Model: Naila Alatas)

Shares