Mind

6 Ide Bonding Time dengan Si Janin

By  | 

Ikatan batin antara ibu dan anak adalah yang terkuat di dunia. Anda pasti percaya itu bukan? Tak heran memang karena sejak masih berbentuk janin pun, buah hati Anda sudah merasakan apa yang Anda rasakan, baik ketika Anda sedih maupun Anda senang. Oleh karena itulah, menjalin bonding time antara Anda dan bayi dalam kandungan seharusnya dimulai sejak awal kehamilan, bahkan ketika Anda belum merasakan tendangan pertamanya sekalipun. Anda yang baru pertama hamil mungkin bingung, bagaimana caranya bonding time dengan mahluk yang belum keluar dari perut Anda ini? Tenang, Mamas to be, bonding time dengan janin di masa kehamilan ini bisa dilakukan melalui cara simpel. Ini beberapa ide untuk Anda.

1. Mengelus lembut perut Anda dan mengajak ia bicara. Percaya atau tidak, janin di dalam kandungan Anda bisa mendengar suara dari luar, apalagi Anda. Sang Mama. Elus lembut perut Anda dan ceritakan apa saja yang sudah Anda lalui hari itu. Jangan lupa ajak pasangan untuk rutin berkomunikasi juga dengan Si Janin ya.

2. Memutar lagu favorit dan bernyanyi untuknya. Beli beberapa CD lagu klasik anak seperti Twinkle-Twinkle Little Star atau beragam lullaby lain dan putarkan di saat ‘me time’ Anda. Jangan malu untuk ikut bernyanyi sekalipun mungkin suara Anda kurang merdu, Mamas.

3. Menutup mata dan membayangkan Anda tengah menggendongnya. Bagi sebagian calon mama ini mungkin terdengar aneh ya. Bagaimana mungkin Anda bisa membayangkan wajah Si Bayi sementara Anda belum pernah melihatnya? Hmmm…tak apa Mamas, Anda tidak perlu sespesifik itu sih. Cukup pejamkan mata dan berimajinasilah seolah-olah Si Kecil tengah berada dalam dekapan kasih sayang Anda. Hal ini akan menambah rasa cinta Anda padanya.

4. Menulis jurnal. Bila tidak memungkinkan untuk menuliskan kisah kehamilan Anda setiap hari, Anda bisa membuatnya seminggu atau sebulan sekali. Ungkapan apa saja yang Anda rasakan mengenai kehamilan ini seolah Anda menulis surat untuk bayi Anda. Ketika ia sudah bersekolah nanti, tunjukkan padanya ‘surat cinta’ Anda ini.

5. Memberikan panggilan sayang. Jika Anda belum menemukan nama yang fix lantaran belum yakin dengan jenis kelamin Si Janin, tak ada salahnya Anda memberikan nama yang unisex untuk panggilan sayangnya. Memanggilnya dengan nama khusus akan meningkatkan ikatan batin Anda berdua.

6. Memajang foto USG. Ada beberapa pilihan foto USG yang bisa Anda pilih, 2 dimensi, 3 dimensi, atau 4 dimensi. Pajang foto-foto tersebut dalam bingkai cantik di kamar atau meja kerja Anda sebagai penyemangat sekaligus hal yang efektif untuk meningkatkan bonding dengan Si Janin. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares