Parenting

Bila Si Kecil Sangat Dekat dengan Nenek

By  | 

Menjalin hubungan akrab dengan seluruh anggota keluarga adalah keharusan. Tak hanya dengan anggota keluarga inti, tapi juga dengan seluruh keluarga besar bukan, Mams? Lalu, bagaimana jika Si Kecil sangat ‘lengket’ dengan neneknya dibandingkan Anda sebagai ibunya? Simak kisah dari para Smart Mama berikut.

“Sejak saya kembali bekerja selesai masa cuti melahirkan, ibu meminta saya agar tak usah mencari pengasuh karena ia bersedia merawat cucu pertamanya ini. Tak heran, hubungannya dengan anak saya sangat dekat hingga saat ini. Bahkan saat waktunya tidur malam pun, putri saya selalu ingin tidur dengan neneknya. Saya seringkali membujuk agar ia tidur dengan saya dan ayahnya,  namun tidak berhasil. Kadang sedih juga sih ‘ditolak’ oleh anak sendiri.”
Avira, 35 tahun, mama dari Kanya, 4 tahun

“Anak laki-laki saya termasuk dekat dengan neneknya. Meski kami tinggal berjauhan, Hampir tiap hari ia selalu menyapa neneknya lewat aplikasi Skype atau Facetime. Makanya, begitu ada waktu kami mengunjungi beliau di Surabaya, saya pasti langsung dicuekin deh.”
Agata, 29 tahun, mama dari Sam, 3 tahun
 
“Ibu mertua termasuk loyal dengan semua cucunya, termasuk anak saya. Beliau paling senang membelikan cucunya mainan favorit. Jelas saja anak saya senang! Jadi, tiap kali ibu mertua  mengajaknya ke mal, pasti Siena pulang membawa beberapa mainan. Dan karena merasa Sang Nenek sangat sayang padanya, anak saya jadi sering meminta menginap di sana.”
Sintya, ibu dari Siena, 3 tahun.
 

Tip Agar Si Kecil ‘ Tak Tergantung’ pada Nenek

· Jika Si Kecil sudah telanjur dekat dengan neneknya, jangan salahkan mereka. Sebaiknya cari solusi lebih baik untuk keduanya. Aturlah jadwal berkunjung dan beri pengertian pada Si Kecil. Misalnya, Anda bisa katakan. bahwa nenek juga punya waktu istirahat. Dengan begitu, Si Kecil lama kelamaan akan mengerti bahwa ia punya waktu tertentu untuk bersama neneknya.
· Yang harus diperhatikan, jika Si Kecil adalah cucu kesayangan. Jika nenek  kelewat memanjakan, Anda akan repot karena pasti ada banyak perbedaan pola pengasuhan. Disiplin yang selama ini sudah berjalan, bisa saja dilanggar Si Kecil. Baiknya, Anda saling berkompromi dengan ibu dan juga ibu mertua agar tidak terjadi salah paham. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares