Education

Agar Si Kecil Mudah Beradaptasi di Sekolah

By  | 

Si Kecil sulit beradaptasi di sekolah? Jika ya, jangan khawatir, Mams,sebab beradaptasi di lingkungan baru tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi bila Si Kecil baru masuk sekolah, sudah pasti timbul rasa takut, tak nyaman, dan bahkan menangis. Nah, bantu ia beradaptasi dengan cara berikut ya, Mamas.

·         Temani beberapa waktu. Sebaiknya jangan tinggalkan anak di hari pertama sekolah. Andapun pasti tidak akan rela melewatkan momen bersejarah itu kan? Temani Si Kecil hingga beberapa waktu hingga ia mengenal dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru serta teman-temannya. Dampingi Si Buah Hati setidaknya seminggu atau sebulan sampai ia merasa nyaman.
·         Kenalkan dengan gurunya. Di hari pertama sekolah, kenalkan Si Kecil dengan gurunya. Perlihatkan jika Anda dan guru saling akrab satu sama lain. Ini akan membantu mengurangi kecemasan, dan perlahan-lahan Si Kecil akan merasa senang bersama gurunya.
·         Ajak Si Kecil berkenalan dengan temannya. Jika Si Kecil malu berkenalan dengan sekelilingnya jangan segan membantunya ya. Anda bisa mulai dengan mengajaknya makan snack bersama, misalnya mengajak Si Kecil saling bertukar makanan dan lainnya.
·         Beri tahu Si Kecil Anda menunggu di luar kelas. Di lingkungan baru, anak akan mudah merasa ketakutan. Biar bagaimanapun ia pasti akan mencari Anda. Untuk itu, sebisa mungkin berdirilah di tempat yang mudah dijangkau. Sebelum meninggalkannya di luar kelas, sebaiknya beritahu Si Kecil terlebih dahulu.
·         Biarkan anak mandiri. Untuk seterusnya biarkan Si Kecil belajar mandiri. Tugas Anda selanjutnya hanya mengantar dan menjemput saja, ya, Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares