Finance

Trik Hemat Belanja Grocery

By  | 

Mamas, grocery shopping atau berbelanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari memang mutlak dilakukan. Biasanya dilakukan bulanan, namun ada juga mama yang memilih belanja mingguan. Saya sendiri biasa berbelanja bulanan agar persediaan sudah lengkap hingga akhir bulan nanti. Untuk urusan satu ini banyak juga mama yang mengeluh akibat pengeluaran membengkak untuk grocery shopping. Nah, agar grocery shopping Anda tetap lengkap namun hemat, Smart Mama punya triknya.

Buat Daftar Belanja
Yang satu ini sangat penting lho, Mams. Buat list belanja grocery dengan detail termasuk kuantitinya. Agar lebih praktis catat daftar belanjaan tersebut di dalam smart phone Anda. Selain meminimalisasi belanja produk yang kurang dibutuhkan, hal ini juga bermanfaat sebagai pengingat agar tidak ada kebutuhan yang terlewatkan.

Jangan Belanja saat Lapar!
Pastikan Anda sudah mengisi perut terlebih dahulu sebelum belanja bulanan. Saat lapar dan melihat aneka makanan di supermarket, acara belanja Anda menjadi tidak terkendali. Dan celakanya Anda akan membeli produk makanan berlebihan dan sebenarnya tidak dibutuhkan.

Lakukan Sendiri
Mengapa demikian? Selain lebih praktis dan cepat, hal ini dapat mengurangi lapar mata dari anggota keluarga lain misalnya pasangan atau anak Anda. Dengan belanja sendiri, Anda juga tidak nyaman berlama-lama dalam supermarket sehingga mengurangi risiko belanja berlebihan.

Bayar Tunai
Bawa uang tunai senilai budget standar yang biasanya Anda keluarkan untuk belanja grocery. Hal ini dapat membuat Anda berhati-hati dalam mengambil keputusan membeli sebuah produk. Hindari penggunaan kartu kredit yang akan membuat Anda tergiur berbelanja lebih. Ingat Mamas, jika tagihan kartu kredit Anda membengkak di akhir bulan, Anda sendiri yang susah nantinya.

Sediakan Waktu Khusus
Lakukan proses belanja grocery dengan tenang. Sediakan waktu cukup lama sehingga Anda tidak kekurangan waktu. Belanja yang terburu-buru menyebabkan Anda cenderung mengambil produk yang terdekat dengan Anda tanpa sempat membandingkan harga dengan produk serupa yang bisa jadi lebih murah. Sayang kan Mams? Padahal, Anda bisa berbelanja lebih hemat jika punya cukup waktu.

Cek Barang Promo
Tak ada salahnya Anda cek harga promo sebelum belanja kebutuhan sehari-hari. Misalnya, Anda masih memiliki bayi atau toddler, Anda dapat mencari info supermarket mana yang promo susu atau diapers. Jika selisihnya signifikan, segera kunjungi supermarket tersebut. Biasanya pengeluaran untuk dua item tersebut lumayan menguras pengeluaran.

Belanja Grocery via Online
Nah yang satu ini juga bisa dijadikan altenatif Mams. Belanja grocery via online akan membuat pengeluaran Anda lebih terkendali. Anda cukup memilih produk kebutuhan melalui katalog online berikut kuantitinya. Setelah itu, biasanya supermarket online tersebut akan mengkalkulasi total pembayaran yang harus Anda keluarkan. Dengan begitu, pengeluaran Anda lebih terkendali. Belanja grocery online juga dapat menghindari Anda jajan di luar supermarket. Biasanya, usai belanja, Anda tergoda membeli minum atau sekadar ngemil di restoran atau kafe yang berada di area sekitar supermarket. Dengan belanja online, Anda bisa menghemat dana tersebut. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Ingin mendapatkan voucher belanja grocery online? Yuk jawab pertanyaan berikut di kolom comment yang tersedia di bawah artikel ini: Bagaimana pendapat Anda soal berbelanja kebutuhan sehari-hari (grocery) melalui online? 3 pemenang yang beruntung akan mendapatkan voucher senilai Rp. 500.000 dari Happy Fresh, sebuah aplikasi praktis yang memudahkan Anda belanja kebutuhan sehari-hari via online, hanya dengan satu jam barang belanjaan yang Anda inginkan tiba di rumah.  Ditunggu ya Mams!

Shares