Career

Saat Calon Mama Harus Bekerja Overtime

By  | 

Kesibukan di tempat kerja memang tidak bisa ditebak ya, Mamas to be. Terkadang justru di saat-saat kurang tepat seperti kondisi Anda yang berbadan dua, pekerjaan di kantor justru sedang menumpuk dan overtime pun tak bisa dihindari. Padahal, menurut Cynthia Gyamfi MD, direktur klinik perinatal dari Columbia University Medical Center New York mengatakan wanita yang bekerja hingga larut berpotensi besar untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Lalu bagaimana jika overtime tidak bisa dihindari, yuk simak trik Smart Mama berikut.

  • Listen to your body. Pastikan kondisi kehamilan aman dan Anda merasa baik-baik saja. Jika kondisi Anda menurun dan terlalu lelah, segera bicarakan dengan atasan dan rekan kerja.
  • Tidak setiap hari. Jika overtime dilakukan sesekali, mungkin tubuh Anda bisa mengatasinya. Tapi jika setiap hari harus overtime, Anda berhak menolaknya karena pada dasarnya, undang-undang ketenagakerjaan justru tidak mengizinkan wanita hamil bekerja lembur.
  • Jaga asupan Anda. Healthy food is a must! Makan sembarangan akan membuat metabolisme Anda menurun. Pilih makanan berprotein tinggi serta mengandung zat besi seperti ikan, daging tanpa lemak, sayuran, dan buah.
  • Perbanyak air putih. Yang satu ini juga penting lho Mams, 8-10 gelas per hari ya..
  • Bukan pekerjaan yang menuntut fisik. Segera bilang tidak jika kerja lembur mengharuskan Anda bergerak super aktif dan mengangkat barang. Biasanya para mama yang in charge untuk event melakukan hal ini, namun untuk sementara biarkan rekan lain yang melakukannya ya Mams. Anda bisa melakukan hal lain yang tidak menuntut kerja fisik.
  • Minta hak cuti. Setelah bekerja hingga larut, Anda berhak untuk minta cuti agar Anda bisa beristirahat dengan maksimal.
  • Jangan takut bilang tidak. Menolak pekerjaan memang bukan hal positif tapi jika hal itu memang hak Anda dan kondisi sedang tak memungkinkan, justru perusahaan yang harus memberikan kelonggaran, karena hak Anda tersebut kuat secara hukum kok Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)


Shares