Interior Design

Ventilasi Udara untuk Rumah Sejuk

By  | 

Ventilasi merupakan salah satu bagian cukup penting untuk menciptakan rumah yang sehat. Ventilasi berguna sebagai sirkulasi udara segar yang bersih setiap harinya.
Luas Ventilasi
Sebelum Anda membuat ventilasi rumah, ada baiknya perhatikan dahulu luas ventilasinya, jangan terlalu sempit dan terlalu besar. Jika ventilasi terlalu sempit maka sirkulasi udara juga cukup kecil dan rumah menjadi sesak. Jika ventilasi rumah terlalu besar dan tanpa teralis besi maka dikhawatirkan dapat mengundang pencuri masuk.
Pilih Tempat
Pilih tempat yang pas atau ruangan mana yang akan dipasang ventilasi udara. Anda juga harus kreatif dalam memilih, jangan sampai ventilasi rumah menghadap jalan atau tempat umum karena debu,asap pembakaran dan kendaraan umum dapat masuk ke rumah. Sehingga bukannya mendapat udara segar dan sehat malah sebaliknya.
Dekorasi Ruangan
Apabila akan mendekorasi ruangan pastikan jangan sampai memberikan penghalang ventilasi dengan perabotan rumah tangga. Hal ini akan menghalangi udara masuk lewat ventilasi udara tersebut. Ventilasi yang terhalang akan menyebabkan ruangan menjadi sempit, bau, dan lembap. Semua ini dapat terjadi karena udara dan cahaya matahari tak dapat bergantian masuk ke dalam rumah.

(Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares