Health

Makanan untuk Atasi Morning Sickness

By  | 

Morning sickness adalah keluhan atau sakit yang terjadi di pagi hari yang lazim dialami oleh calon mama, khususnya di trimester pertama kehamilan. Namun nyatanya tidak demikian. Morning sickness dapat terjadi pada waktu dan jam yang tak diduga. Bisa di pagi hari begitu Mama bangun tidur, siang saat beraktivitas di kantor, atau malam ketika Anda bersiap bermesraan dengan pasangan. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat Mama konsumsi untuk mengatasinya. 

– Daun mint

Segelas teh mint atau mengunyah selembar daun mint dipercaya dapat membantu meringankan morning sickness Mama. Tapi hindari suplemen mint seperti permen atau vitamin ber-mint, Mam.

– Karbohidrat

            Banyak calon mama yang telah merasakan manfaat hebat dari karbohidrat untuk membantu mengatasi morning sickness. Pilih roti gandum, nasi merah, kentang kukus, pasta, atau sereal yang padat dan mengenyangkan.

-Protein dan vitamin B6

            Zat gizi ini dapat ditemukan dalam daging merah, kacang-kacangan, kacang polong, pisang, serta biji-bijian.

– Jahe

            Jahe adalah antimual alami yang baik untuk mengatasi morning sickness. Anda dapat mencampurnya dengan secangkir teh atau gigit seruas jari jahe untuk mendapatkan rasa segarnya.

– Makanan gurih

Jika morning sickness datang di pagi hari, solusi mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi dua atau tiga keping biskuit gurih sebelum Mamas merebahkan diri di kasur. Camilan lain yang bisa dipilih ialah sup ayam rendah lemak, pretzel, atau roti bakar tanpa isi.

– Makanan berkadar air tinggi

            Perbanyak konsumsi air putih dapat membantu mengurangi morning sicknees. Namun jika tidak terbiasa, Anda bisa menggantinya dengan mengunyah semangka, mentimun, atau stroberi.

(Lenny Delima/Photo : Istockphoto.com)

 

Shares