Mind

5 Alasan Anda Harus Punya Me Time

By  | 

Kebanyakan wanita terlalu sibuk menjadi ibu, istri, dan seorang pekerja sehingga kadang melupakan memiliki waktu untuk diri sendiri. Padahal banyak manfaat yang bisa didapat lho, Mam dari ‘me time’ ini. Ini 5 alasan yang membuat Anda sadar bahwa ‘me time’ memang harus ada dalam agenda hidup Anda.

  1. Mengajarkan Anda untuk menikmati ‘teritori’ Anda. Banyak orang mengasumsi ‘sendiri’ dengan kesepian, padahal ini dua hal berbeda. Misalnya Anda ke pantai atau ke bioskop sendiri, namun Anda tak akan merasa kesepian karena di dua tempat ini Anda akan bertemu dengan banyak orang. Mungkin Anda berpikir bahwa, bagaimana mungkin saya bisa fun tanpa seseorang yang saya sudah kenal untuk pergi bersama? Tapi nyatanya tak begitu, lho, Mam. Smart Mama sudah membuktikan, dan memang ada kenikmatan tersendiri saat Anda mencoba dating with yourself.
  2. Membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Shelby Freedman Harris, PsyD, Director of The Behavioral Sleep Medicine Program Sleep-Wake Disorders Center di Montefiore Medical Center, New York, mengatakan, saat tidur malam, pikiran Anda akan memproses peristiwa yang sudah terjadi sepanjang hari. Nah, ketika pikiran Anda dipenuhi dengan hal menyenangkan, biasanya Anda akan lebih mudah untuk tidur. Satu jam sebelum tidur, Harris menyarankan Anda untuk melakukan ‘me time’ menenangkan seperti melukis atau membaca novel favorit.
  3. Meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus. Ketika Anda begitu menikmati pijatan dari terapis di spa langganan tanpa memikirkan hal lain, maka secara tak langsung Anda belajar untuk fokus dalam sebuah hal. Atau ketika Anda di pantai, mendengar deburan ombak tanpa terganggu teriakan orang-orang di sekitar Anda, maka Anda sudah terlatih untuk fokus dalam hal lain sekalipun, misalnya pekerjaan.
  4. Membantu mencapai tujuan hidup Anda. Tanpa Anda sadari, ‘me time’ ternyata bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan hidup tertentu. Misalnyai ‘me time’ Anda adalah olahraga lari dan suatu hari, Anda ikut lomba marathon dan berhasil menjadi juara. Dari sini, Anda lalu menyadari bahwa salah satu tujuan hidup Anda ternyata menjadi atlet lari.
  5. Meningkatkan pengetahuan. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Yahoo!, beberapa waktu lalu, ternyata banyak wanita menghabiskan ‘me time’ dengan berselancar di dunia maya. Hasilnya? Mereka mengakui bahwa browsing internet membuat mereka memiliki banyak pengetahuan baru yang tidak disangka. Misalnya menemukan kata-kata baru yang belum pernah didengar, atau mencari tahu lebih dalam tentang berita-berita terkini yang terjadi di dunia, See, Anda bisa jadi wanita yang lebih smart lagi. Enjoy your me time, Mama!
    (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares