Career

Ingin Kenaikan Gaji? Ini Etikanya

By  | 

Anda merasa sudah bekerja keras untuk perusahaan tetapi gaji masih saja di angka yang sama? Mungkin Anda bukan satu-satunya wanita karier yang mengalami situasi ini. Sebenarnya, sah-sah saja kok jika Anda ingin minta kenaikan gaji pada atasan, tetapi tentu saja ada etikanya. Yuk ikuti saran Smart Mama.

Teliti Terlebih Dahulu

Sebelum meminta kenaikan gaji, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu standar gaji yang diterapkan perusahaan lain untuk posisi yang sama dengan Anda. Jadi, Anda memiliki bayangan berapa persen kenaikan gaji yang Anda minta.

Ukur Beban Kerja dan Prestasi Kerja Anda

Anda harus memiliki alasan kuat untuk meminta kenaikan gaji, apalagi jika permintaan Anda di luar kenaikan gaji tahunan. Jika beban kerja ditambah atau Anda membuat prestasi yang menguntungkan perusahaan, minta naik gaji merupakan hal yang pantas Anda lakukan.

Pilih Timing yang Tepat

Ketika perusahaan mengalami penurunan pendapatan atau Anda baru saja naik gaji bukanlah saat tepat meminta kenaikan. Pastikan permohonan naik gaji dilakukan di saat tepat dan masuk akal. Pelajari juga mood atasan Anda, apakah sedang dalam keadaan baik, jika tidak tunda dulu permintaan Anda untuk sementara.

Komunikasikan Secara Langsung

Minta waktu pada atasan dan berbicaralah empat mata dengannya. Sampaikan permintaan Anda secara sopan, paparkan alasan Anda meminta kenaikan gaji, dan bukalah diri untuk berdiskusi lebih jauh dengan atasan Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares