Education

EduALL Junior: Siapkan Si Kecil Jadi Calon Pemimpin Masa Depan yang Tangguh dan Percaya Diri

By  | 

Di era yang terus berkembang dengan cepat, tantangan dan peluang dalam membesarkan Si Kecil mengalami perubahan signifikan. Anak-anak Generasi Alpha, yang kebanyakan merupakan anak-anak dari para millennial, kini memiliki akses informasi yang jauh lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya. Dampak positifnya tentu banyak sekali, walau begitu bukan berarti tak ada dampak negatifnya ya, Mams. 

Kemajuan teknologi tentunya turut memengaruhi lifestyle kita, termasuk juga Si Kecil. Melalui gadget, segala informasi saat ini mudah sekali didapat. Belum lagi berbagai permainan yang dapat dimainkan Si Kecil melalui gadget-nya.

Kondisi seperti ini ditakutkan dapat membangun ketergantungan terhadap penggunaan gadget, serta membangun rentang fokus (attention span) yang pendek pada Si Kecil. Meski, tren ini dapat juga dilihat sebagai sebuah peluang agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih kritis dan mendorongnya untuk memiliki perspektif yang beragam

Maka dari itu, kita Smartmama, harus terus berupaya memastikan Si Kecil dapat tumbuh menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri di masa depan. Untuk mencapai hal tersebut, Generasi Alpha perlu belajar memanfaatkan keunggulan mereka sambil mengatasi tantangan yang ada. 

EduALL Junior

Menjawab tantangan ini, EduALL, sebagai salah satu konsultan pendidikan independen di Indonesia yang hadir sejak tahun 2016, memperkenalkan program terbarunya melalui EduALL JuniorEduALL Junior dirancang untuk mengembangkan Generasi Alpha agar dapat menjadi calon pemimpin masa depan yang percaya diri dan tahan banting melalui eksplorasi minat, bakat serta pengembangan entrepreneurial mindset.

Entrepreneurial mindset adalah pola pikir yang berorientasi pada solusi dan inovasi dalam menghadapi berbagai tantangan. Pola pikir ini tidak hanya penting bagi Si Kecil yang ingin menjadi pengusaha, tetapi juga bagi semua anak yang ingin berhasil di bidang-bidang lainnya, baik di ruang lingkup pekerjaan di masa depan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengembangkan entrepreneurial mindset, Si Kecil diajarkan untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko yang sudah diperhitungkan. 

“Kami fokus mengasah entrepreneurial mindset yang mencakup membangun resilience, response positif terhadap feedback, kerja tim, toleransi terhadap ambiguitas, pemecahan masalah, kreativitas, dan empati. Melalui program ini, diharapkan dapat mendorong setiap anak dapat mencapai potensi terbaik dan bisa menghadapi masa depan dengan berani. ” ujar Kezia Tenggono, COO EduALL Junior di sela-sela launching EduALL Junior pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024 lalu. 

Hal ini perlu diasah sejak dini karena pola pikir ini membekali Si Kecil dengan kemampuan untuk beradaptasi dalam menghadapi tantangan yang terus berkembang di masa depan. “Ini sangat penting untuk membentuk individu yang resilient dan siap menghadapi dunia yang dinamis. Di masa depan, anak-anak dengan entrepreneurial mindset akan lebih siap untuk menghadapi ketidakpastian dan memanfaatkan peluang yang ada” kata Kara Handali, M.Psi., Psikolog Pendidikan yang turut hadir di acara launching EduALL di kawasan Puri Indah – Jakarta Barat.

EduALL Junior menawarkan solusi pendidikan yang inovatif dan berbasis riset untuk memenuhi kebutuhan unik dari Generasi Alpha. Dalam prosesnya, Si Kecil diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan minat dan bakat serta area yang perlu dikembangkan—dengan pendekatan yang menyenangkan. Cara ini diharapkan dapat menstimulasi Si Kecil untuk dapat berpikir secara cermat dan kritis akan minat mereka, termasuk di mana mereka memerlukan dukungan lebih.  Program ini dirancang oleh para ahli pendidikan dan didukung oleh penelitian mendalam, memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pengalaman pendidikan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kurikulum ini juga melibatkan co-developersinternasional yang ahli di bidang pendidikan, sehingga anak-anak dapat mendapatkan pendekatan yang tidak hanya relevan secara lokal, tetapi juga diakui secara global.

“Kami mengembangkan kurikulum ini dengan mempertimbangkan tantangan yang dihadapi, melalui pendekatan yang menyenangkan untuk anak-anak agar tetap relevan, sesuai dengan minat mereka. Seperti coding & robotics, visual arts, sains, dan kewirausahaan” kata Debora Wibianne, Head of Academic EduALL Junior. 

Untuk memperkuat program ini, EduAll Junior didukung penuh oleh psikolog pendidikan yang secara khusus mengobservasi proses dan perkembangan setiap anak. Hal ini memungkinkan para psikolog untuk memberikan wawasan dan saran pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap anak, sehingga orang tua dapat melengkapi pembelajaran yang diterima di kelas dengan pendekatan yang tepat di rumah. 
“Pendekatan ini sangat penting, terutama bagi orangtua, agar mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang perkembangan anak-anak mereka. Dengan begitu, orangtua dapat mendukung dan memperkaya proses belajar Si Kecil di rumah dengan cara yang lebih efektif dan sesuai,” tutup Verena Indha, Content Creator yang juga mama dari Nala, 4 tahun. 

Dengan pendekatan holistik dan berbasis riset, EduALL Junior dirancang untuk membantu anak-anak Generasi Alpha tidak hanya menjadi lebih cerdas secara akademis, tetapi juga berkembang menjadi calon pemimpin masa depan yang percaya diri dan tahan banting.

Pengembangan entrepreneurial mindset serta dukungan dari para ahli memungkinkan Si Kecil untuk menghadapi tantangan dengan keberanian, berpikir kritis, dan terus berinovasi. Setiap anak memiliki potensi untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, siap menghadapi masa depan dengan keyakinan dan ketahanan yang kuat. EduALL Junior adalah langkah awal dalam membentuk generasi penerus yang akan memimpin dengan hati, ketangguhan, dan visi yang jelas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. EduALL)

Comments are closed.

Shares