Education

Peluncuran Yayasan Kids Biennale Indonesia: Merayakan Kreativitas dan Ekspresi Generasi Muda

By  | 

Mams, pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2024 lalu, bertempat di Creativite Indonesia, Yayasan Kids Biennale Indonesia (KBI) yang berfokus pada kegiatan pameran seni dan budaya baik kecil maupun besar khusus anak-anak dan remaja mengadakan acara Road to Kids Biennale, yakni peluncuran Yayasan Kids Biennale.

Yayasan ini bergerak melalui seni kontemporer berskala besar, nirlaba, berorientasi publik yang dapat berkolaborasi di kancah Nasional dan Internasional di masa depan. Kids Biennale Indonesia merupakan pameran yang diselenggarakan dua tahun sekali dengan partisipasi praktik seni modern serta aktivitas publik intelektual dan budaya dalam menanggapi isu-isu relevan dan menjadi platform anak-anak dan remaja untuk meningkatkan apresiasi seni dan budaya, partisipasi dan inklusi, merangsang kreativitas, agen perubahan, pengembangan emosional dan sosial. Dengan visi menjadi platform global bagi kreativitas dan ekspresi anak dan remaja Indonesia, sehingga membentuk generasi muda yang kritis, peduli, dan berdaya.

Merujuk pada 3 dosa besar yang diidentifikasi dalam konteks pendidikan, yakni kekerasan seksual, perundungan,dan intoleransi,memiliki dampak yang sangat merugikan bagi lingkungan sekolah serta peserta didiknya. Sehingga pada tahun 2023 kami telah melaksanakan pemeran “Speak Up” yang mengangkat isu kekerasan seksual terhadap anak. Pameran tersebut direspon sangat baik oleh publik. Sehingga pada tahun 2024 yang merupakan bagian dari Road To Kids Biennale Indonesia kami mengangkat “Speak Up On Bullying and Intolerance” dimana dua isu tersebut merupakan bagian dari tiga dosa besar dunia pendidikan. 

Berdasarkan data yang Kemendibudristek menemukan 24,4 persen siswa atau peserta didik yang berpotensi mengalami insiden perundungan di satuan pendidikan atau sekolah. Tahun ini kami mengajak anak dan remaja berkebutuhan khusus, neurodivergent dan difabel untuk berpartisipasi dalam advokasi, mengkritisi, dan menjadi agen perubahan melalui karya lukis, video, dan game. Sebagian dari peserta (pameris) merupakan penyintas perundungan (bullying) dan intolerance.

Gie Sanjaya Ketua Yayasan Kids Biennale dan Kurator menyatakan “Seni adalah jendela bagi anak-anak untuk melihat dunia dengan cara yang baru dan berbeda. Melalui seni, mereka belajar menghargai keindahan, memahami emosi,mengembangkan empati, dan menjadi agen perubahan. Seni adalah investasi untuk masa depan Indonesia yang lebih kreatif, inklusif, dan berbudaya”.

Cornelia Agatha, S.H., M.H., Ketua Komnas Perlindungan Anak DKI Jakarta menyatakan “Saya percaya bahwa seni dan kasih sayang mempunyai kekuatan yang besar untuk perubahan. Oleh karena itu saya berharap Kids Biennale Indonesia dapat menjadi platform untuk perubahan bersama. Menjadi wadah bagi anak-anak dan remaja untuk menemukan suara mereka, mengekspresikan diri dengan bebas, dan tumbuh menjadi individu yang kreatif, percaya diri, dan berempati penuh cinta.”

Beberapa komitmen Kids Biennale Indonesia antara lain:

● Memberikan kesempatan belajar yang berharga tentang seni, budaya, dan isu-isu sosial.

● Mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan seni dan budaya.

● Menghubungkan generasi muda dengan seniman profesional untuk berbagipengetahuan dan pengalaman.

● Mengembangkan keterampilan emosional dan sosial melalui ekspresi kreatif.

● Mendorong kolaborasi dan koneksi antara anak-anak, remaja, seniman, dan komunitas.

● Menginspirasi minat seni dan mendorong generasi muda untuk mengejar karir di bidang kreatif.

● Meningkatkan aksesibilitas seni bagi anak-anak dan remaja dari berbagai kalangan.

● Memberikan dampak positif pada perkembangan anak secara holistik.

Ir. FB. Didiek Santosa, Perencana Ahli Madya Pada Asdep Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan “Seni dan budaya adalah alat ampuh untuk perlindungan anak di Indonesia. Melalui ekspresi kreatif, mereka dapat menemukan suara mereka, mengatasi trauma, dan membangun masa depan yang lebih cerah. Kids Biennale Indonesia adalah langkah penting dalam menciptakan ruang aman bagi anak-anak Indonesia untuk berkembang dan menjadi agen perubahan”

Kids Biennale Indonesia mengajak semua pihak, termasuk orang tua, guru, seniman, dan masyarakat umum, untuk mendukung dan berpartisipasi dalam biennale ini. Bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas, ekspresi, dan pertumbuhan generasi muda Indonesia. (Karmenita Ridwan/Photo: Dok. Yayasan Biennale Indonesia)

Shares