Education

Sunny Kids Buka Pusat Terapi & Tumbuh Kembang Anak Outdoor Pertama di Indonesia

By  | 

Hari ini, Sunny Kids dengan bangga mengumumkan pembukaan Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Outdoor pertama di Indonesia yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Sunny Kids Pusat). Sebagai pusat terapi dan tumbuh kembang anak, khususnya bagi anak-anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD) dan kebutuhan khusus lainnya, Sunny Kids menerapkan konsep terapi sensori integrasi outdoor dan menawarkan ruang transformasi yang dirancang khusus untuk menjadi tempat di mana anak-anak dapat merasa nyaman, bersenang-senang, belajar  dan berkembang secara optimal. 

ASD atau Gangguan Spektrum Autisme adalah kondisi tumbuh kembang yang menyulitkan individu untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Anak-anak dengan ASD memerlukan perhatian khusus dari orang tua mereka, dan penting untuk memahami cara pendampingan yang tepat agar dapat mendukung perkembangan dan membantu mereka menjadi lebih mandiri dalam beraktivitas. 

“Kami sangat bangga menjadi Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang yang menggunakan metode luar ruang atau outdoor yang pertama di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan di luar ruang maka begitu banyak hal yang didapatkan. Mulai dari mengurangi waktu bermain dengan gadget, lebih berkeringat karena dilakukan di outdoor dan anak pun merasa seperti bermain padahal sebenarnya sedang melakukan terapi”, ujar Andy M. Saladin, Direktur Utama Sunny Kids.

“Banyak anak dengan autisme mengalami sensitivitas berlebihan terhadap rangsangan sensorik. Mereka mungkin merasa terganggu oleh suara keras, cahaya terang, atau tekstur tertentu. Terapi sensori integrasi dapat membantu anak-anak ini untuk belajar mengatasi dan mengurangi sensitivitas berlebihan mereka melalui rangsangan sensorik yang menantang. Dengan melakukan terapi yang konsisten, anak dapat menjadi lebih toleran terhadap rangsangan yang sebelumnya mengganggu.”, ujarnya kembali.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa terapi sensori integrasi memiliki dampak positif pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD). Salah satu studi yang diterbitkan di Journal of Autism and Developmental Disorders melaporkan peningkatan signifikan dalam pemrosesan sensorik, interaksi sosial, dan perilaku adaptif pada anak-anak dengan ASD yang menjalani terapi sensori integrasi. Terapi ini membantu meningkatkan keterampilan fungsional sehari-hari​ (Nature)​​ (Autism Speaks)​.

Dalam praktiknya, Sunny Kids menggunakan pendekatan inovatif untuk tumbuh kembang yang holistik, mulai dari Terapi Sensori Integrasi, Terapi Wicara, hingga Terapi Perilaku. Terapi Sensori Integrasi membantu anak-anak dalam mengatur dan merespons sensasi dengan lebih baik, sementara Terapi Wicara fokus pada pengembangan kemampuan berbicaral pada anak dan Terapi Perilaku bertujuan agar anak dapat mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasinya. 

Christina Onasis, Direktur Operasional Sunny Kids menambahkan, “Dengan tim terapis bersertifikat dan berpengalaman serta staf yang berdedikasi untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif, Sunny Kids berkomitmen untuk mendampingi anak-anak mencapai potensi penuh mereka dan memberikan momen-momen kebahagiaan bersama keluarga.”

“Sunny Kids Cempaka Putih ini merupakan kantor pusat dan saat ini Sunny Kids juga sudah beroperasi di beberapa tempat seperti di Bogor, Depok, Tangerang (Bintaro dan Alam Sutera), Cibubur, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Medan”, tutupnya

Untuk informasi lebih lanjut Mams bisa ikuti akun Instagramnya di @sunnykids.id atau kunjungi situs di www.sunnykids.id. (Karmenita Ridwan/Photo: Dok. Sunny Kids)

Shares