Education

SOS Children’s Villages Indonesia dan The LEGO Group Hadirkan Lokakarya “Learning through Play”

By  | 

Mams, untuk pertama kalinya di Indonesia, The LEGO Group menjelajahi dunia belajar melalui bermain dari perspektif anak, orangtua, dan pendidik melalui kegiatan bersama SOS Children’s Villages Indonesia untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pembelajaran anak.

Dunia anak-anak seringkali identik dengan kegiatan bermain. Tidak identik, bermain pun dianggap sebagai hak anak. Akan tetapi di satu sisi, banyak orang tua dan sekolah yang menggantikan waktu bermain anak untuk waktu belajar. Padahal kedua hal ini, bermain dan belajar, dapat menjadi kesatuan untuk memiliki dasar pengetahuan dan cara berpikir yang baik.

Maka dari itu, melalui program yang dimiliki The LEGO Group, Learning through Play, SOS Children’s Villages menjalin kerjasama untuk program ini melalui sesi workshop dengan tema yang sama. SOS Children’s Villages Indonesia mengumumkan kerja sama dengan The LEGO Group dalam kegiatan bertajuk “Learning through Play” yang diadakan pada hari Senin, 20 Mei 2024. Kegiatan yang diselenggarakan di SOS Children’s Village Jakarta ini diikuti oleh lebih dari 80 anak, 32 pembina dari seluruh Indonesia, dan juga ibu-ibu SOS.

Kegiatan “Learning through Play” bertujuan untuk menyoroti pentingnya bermain dalam perkembangan anak dimana terdapat dua kegiatan yang berkelanjutan untuk para pembina dan anak-anak. Melalui lokakarya menarik yang difasilitasi oleh The LEGO Group, para pembina diajak untuk mengeksplorasi kekuatan bermain dan berimajinasi. Pada kegiatan selanjutnya bersama anak-anak, The LEGO Group mendorong pembina untuk menerapkan materi pada lokakarya bersama anak-anak untuk dalam mengasah kreativitas, keterampilan memecahkan masalah, dan interaksi sosial dengan memvisualisasikan harapan mereka melalui mainan Lego.

Gregor Hadi Nitihardjo, Direktur Nasional SOS Children’s Villages Indonesia, menyatakan apresiasinya, “Kami sangat bersyukur atas kerja sama The LEGO Group dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Lego yang sudah menjadi bagian dari masa kecil saya, kini juga menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak-anak dalam naungan SOS Children’s Villages di Indoensia. Bermain sangat penting untuk kesejahteraan anak, dan kami antusias melihat anak-anak, pembina, dan Ibu SOS terlibat dalam kegiatan ini bersama-sama. Nilai-nilai baik yang kami pelajari hari ini akan kami teruskan pada program-program SOS Children’s Villages di seluruh Indonesia”

David Pallash, Learning through Play Director The LEGO Group, menambahkan, “Di The LEGO Group, kami percaya bahwa anak-anak adalah panutan kami. Kita dapat belajar banyak dari cara mereka menjalani hidup dengan pola pikir yang menyenangkan dan membawa pola pikir ini untuk berkembang di saat ini dan masa depan. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan SOS Children’s Villages, dan ini merupakan perjalanan berkelanjutan bagi The LEGO Group untuk memastikan lebih banyak anak di Indonesia berhasil melalui kekuatan bermain dan gagasan mereka untuk masa depan yang lebih baik dapat diperkuat melalui kemitraan kami.”

Kegiatan ini pun mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi SOS Children’s Villages atas upaya konsisten perlindungan anak yang selama ini dilakukan. Apresiasi setinggi-tingginya juga diberikan pada Lego Group yang sangat luar biasa mengajarkan anak-anak bermain.

Bermain sendiri merupakan platform yang baik untuk mengembangkan potensi terbaik anak dan menjadi wadah aspirasi mereka. Selain itu, kegiatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mendorong upaya-upaya kolaborasi dalam membangun generasi Indonesia yang cemerlang di masa mendatang. Kiranya kerja-kerja baik ini terus kita lanjutkan demi pemenuhan hak anak.” (Karmenita Ridwan/Photo: Dok. SOS Children’s Villages)

Shares