Interior Design

4 Cara Memilih Furnitur Si Kecil

By  | 

Bukan hanya sekadar membuat furnitur orang dewasa dalam ukuran kecil, merancang dan memilih furnitur anak membutuhkan riset yang mendalam. Faktor usia, kebutuhan, perilaku anak dalam berakftifitas, dan interaksi antar anak dengan objek atau ruang adalah hal-hal yang patut diperhitungkan.  

1. Perlengkapan makan anak
Aktivitas makan bagi anak-anak juga merangsang komunikasi dengan seluruh keluarga saat makan bersama-sama dalam satu meja. Untuk furnitur makan anak, ketinggian kursi dan pijakan kaki harus dipastikan senyaman mungkin. Baby high chair misalnya, tinggi meja dari lantai idealnya sekitar 72,5 sentimeter dan tinggi total sekitar 82 sentimeter.  Pemilihan warna terang dianjurkan agar kontras dengan warna makanan dan sisa makanan yang berjatuhan dapat terlihat dengan jelas.
highchair_main
2. Bermain sambil belajar.
Karena dunia anak tidak dapat dipisahkan dari aktivitas bermain, metode pengajaran bagi anak-anak tetap membutuhkan unsur permainan. Untuk menghindari rasa jenuh, proses belajar pada anak membutuhkan pengalihan bentuk yang lebih persuasif, misalnya, lemari buku dengan interior rumah pohon. Seru, ya!
Inddor-Tree-House-56a6b1f45f9b58b7d0e45674

 

3. Material aman.

Untuk furnitur anak, material yang paling aman adalah solid wood yang telah dioven dengan finishing waterbased paint atau non-toxic. Material kayu memberi banyak pengaruh positif, seperti sensasi nyaman saat disentuh hingga menghadirkan visual yang unik seiring bertambahnya usia kayu, seperti warna yang semakin menguning atau corak yang semakin terlihat jelas.

Palm Springs Playhouse by Sarah Walsh

Material kain juga aman untuk anak, namun pastikan pewarna kain yang digunakan tidak mengandung bahan kimia. Hindari menggunakan kancing-kancing berukuran kecil dan mudah lepas. Sistem jahit lebih aman untuk anak-anak.

 

 

4. Pemilihan bentuk furnitur

Bentuk dari furnitur anak bisa bermacam-macam, mulai dari karakter animasi hingga hal-hal sederhana yang terlihat dalam keseharian, seperti awan, binatang, dan berbagai kendaraan. Selain harus bersudut tumpul, celah dan bagian-bagian furnitur yang dapat digeser atau digerakan harus dirancang sesuai dengan ukuran anak. Hal ini diupayakan untuk menghindari tangan terjepit.

Bosco Lebebe drawer dari Baby Expert

 

(Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com, Various)

Shares