Health

5 Healthy Challenges di Tahun 2019

By  | 
New year new body! Berdasarkan survei kecil yang dilakukan Smart Mama di akhir tahun lalu, resolusi sebagian besar dari Mamas di tahun ini adalah ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sementara itu, sebagian Mamas lain ingin menerapkan pola hidup sehat di tahun 2019 ini. Nah Mams, Anda ingin mendapatkan keduanya? Lakukan 5 healthy challenge berikut.
Full length of woman performing plank position in gym
  1. Say no to sugar! Awalnya pasti berat ya, Mams. Apalagi bagi penggemar dessert manis seperti kue atau es krim. Tantang diri Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis natural, misalnya madu atau buah. Lama kelamaan Anda akan terbiasa dan tidak lagi menginginkan pemanis buatan. Namun demikian, jika Anda berhasil menghindari gula selama 10 hari hingga 2 minggu, tak ada salahnya Anda mencicipi dessert sedikit di hari istimewa, hari Valentine misalnya. Setelahnya, hindari lagi gula hingga momen istimewa berikutnya.
  2. More fruits. Banyak juga orang yang menghindari buah karena dianggap mengandung gula. Tetapi bagaimanapun juga gula dalam buah adalah pemanis alami, sehingga tidak perlu terlalu khawatir. Konsumsi buah sebanyak 2 mangkuk sehari. Hal ini akan membantu Anda menjaga kesehatan karena buah mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serta sangat bermanfaat untuk pencernaan.
  3. Yoga. Berolahraga di gym memang fun dan bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun sebenarnya Anda butuh balance antara tubuh dan pikiran. Di tahun ini, coba tantang diri Anda untuk rutin yoga di tempat yang lebih tenang tanpa hiruk pikuk keramaian. Pasti tubuh maupun pikiran Anda akan terasa lebih segar.
  4. Makan terakhir 3 jam sebelum tidur. Yang satu ini juga sangat penting untuk kesehatan lho, Mams. Pencernaan akan mencerna asupan makanan selama kita tidur, sehingga sebaiknya perut tidak dalam kondisi full yang dapat menyebabkan penumpukan makanan. Alihkan keiginan Anda untuk makan di malam hari dengan minum secangkir teh, kemudian lakukan berbagai kegiatan yang dapat membuat Anda segera tertidur, misalnya mendengarkan musik.
  5. Plank challenge. Beberapa waktu lalu latihan yang satu ini memang sempat viral. Plank adalah gerakan olahraga yang fokus pada penguatan inti otot. Berlatih plank dapat dilakukan sendiri dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat menemukan beberapa gerakan plank yang tepat di situs olahraga maupun channel Youtube. Awalnya pasti terasa berat karena plank betul-betul terpusat pada bagian inti otot dan tubuh namun lama kelamaan Anda akan terbiasa dan mulai menikmati plank.
Goodluck Mamas! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares