Health

7 Tanda Si Gadis Kecil Akan Segera Alami Menstruasi

By  | 
Bagi mamas yang memiliki anak perempuan, tentu saja Anda harus melewati fase dimana gadis kecil Anda menginjak usia remaja. Dan secara biologis, mereka akan mengalami menstruasi. Dalam hal ini tentunya mamas harus mempersiapkan Si Kecil dengan berbagai pengetahuan, juga penjelasan bahwa kini mereka sudah tumbuh menjadi gadis remaja. Apa saja sih tanda-tanda Ia akan segera mengalami menstruasi?
1. Pertumbuhan payudara. Memasuki usia puber, pada umumnya payudara anak perempuan sudah mulai mengalami pertumbuhan. Dimulai dengan area payudara yang membesar dan perubahan warna di area puting menjadi lebih gelap. Biasanya 1-2 tahun sejak payudara mulai bertumbuh, Ia akan mengalami menstruasi. Perubahan payudara ini biasa terjadi saat anak berusia 10-11 tahun. Namun pada beberapa anak, pertumbuhan payudara bisa jadi lebih cepat, di usia 8-9 tahun.
2. Pubic hair. Setelah payudara, biasanya akan diikuti dengan tumbuhnya rambut atau bulu di sekitar vagina anak. Hal ini juga salah satu tanda sebentar lagi ia akan mengalami menstruasi pertama.

Close up of upset teen girl holding her head

3. Mood Swings. Selain perubahan tubuh, mood anak perempuan biasanya juga akan naik turun menjelang menstruasi pertama. Terkadang ia terlihat senang namun tiba-tiba merasa sedih. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang dialami menjelang masa pubertas.

4. Jerawat. Nah, jika gadis kecil Anda sudah mulai berjerawat, tandanya hormon androgen dalam tubuhnya mulai meningkat. Dan tak lama lagi, Ia akan mengalami menstruasi.

5. Nafsu makan meningkat. Tak hanya anak laki-laki, anak perempuan juga mengalami peningkatan nafsu makan saat memasuki usia teenage. Jangan heran jika menjelang menstruasi pertama, Ia yang tadinya tidak terlalu suka makan menjadi mudah lapar.

6. Tumbuh dengan cepat. Tiba-tiba tanpa Anda sadari, Ia menjadi jauh lebih tinggi atau tubuhnya lebih berisi. Namun kondisi tersebut akan melambat, di saat itulah masa menstruasi akan segera dimulai.

7. PMS (Premenstrual Syndrome). Sama seperti Mamas, Ia juga akan mengalami masa gejala PMS. Misalnya sakit punggung atau pinggang, kram pada perut, juga sulit tidur.

Jika ketujuh gejala tadi sudah dialami anak gadis Anda, maka sudah saatnya Mamas mengajaknya berbicara dari hati  ke hati agar saat hari pertama menstruasi tiba, Ia sudah siap. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares