Education

2019 Kids’ Reading List

By  | 

Jika salah satu resolusi di tahun yang baru adalah meminimalisasi waktu bermain dengan gadget, maka pilihan buku berikut merupakan langkah awal yang baik untuk memulai bonding time bersama Si Kecil di rumah. Beragam buku sesuai dengan usia dan kemampuan membaca, serta topik – topik menarik yang dapat dibahas bersama. 

Screen Shot 2019-01-11 at 11.06.11 AM

Seri Merayakan Keberagaman – Expose Communication

Terdiri dari dua paket buku “Merayakan Keberagaman” & “Meyakini Menghargai”, buku ini cocok untuk dibaca bagi para remaja atau usia pre teen (10 tahun ke atas). Sebagian besar merupakan kumpulan fakta & pengetahuan dibalik sejarah masuknya agama – agama di Indonesia, ritual keagamaan & tokoh masing – masing agama yang dilengkapi dengan anjuran untuk kita dapat hidup berdampingan sekalipun berbeda agama, tanpa kekerasan.

Screen Shot 2019-01-11 at 11.04.30 AM

Yang kami suka dari buku ini adalah tertulis dengan lugas dan padat, sehingga anak – anak dapat mencernanya dengan jelas (dilengkapi dengan infografis). Tidak perlu waktu lama untuk membacanya, mereka akan memahami bahwa penyebaran agama sejak dahulu dilakukan dengan jalan damai, dan Indonesia merupakan negara yang menghargai perbedaan keyakinan & keberagaman. Buku ini juga berisi keterangan bagaimana seharusnya kita bersikap dalam menghadapi perbedaan keyakinan.

ID_GPU2016MTH08ADCE_B_

Seri Buku Enid Blyton – Gramedia Pustaka Utama

Penulis buku cerita berkebangsaan Inggris yang populer yang juga dikenal sebagai Mary Pollock ini memiliki ciri khas tulisan anak dengan pesan untuk selalu berbuat baik di akhir cerita. Satu set seri buku ini terdiri dari 8 buku dengan masing – masing 5 cerita di setiap bukunya. Terjemahannya terbaca baik, dengan cerita pendeknya yang cukup dapat dipahami oleh anak – anak.

Buku ini cocok untuk dibacakan pada anak usia 5 tahun keatas, sekaligus sebagai buku latihan membaca anak – anak sekolah dasar. Dilengkapi dengan ilustrasi klasik, cerita ini mengandung pesan bahwa Si Kecil dapat belajar dari setiap kesalahan dan pengalaman yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita, misalnya anak yang sembrono & tidak pernah menyimpan rapi barang – barangnya akan kehilangan semua barang yang Ia punya, atau anak yang sombong tidak akan punya teman baik, di rumah maupun di sekolah.

ID_KCCF2018MTH11KCCF (1)

Keluarga Cemara – Gramedia Pustaka Utama

Buku ini merupakan adaptasi dari cerita film populer “Keluarga Cemara”. Setelah dirilis menjadi film layar lebar, kisah keluarga sederhana ini menjadi incaran orang tua untuk mengajarkan konsep apa adanya kepada anak – anak. Ara & Euis, dua anak perempuan Emak & Abah bisa menjadi contoh baik bagi Si Kecil dalam memaknai arti penting keluarga. Betapa penting kasih sayang & kebersamaan keluarga dibanding kecukupan dalam hal materi, misalnya, adalah topik yang dapat Anda bahas bersama Si Kecil.

Buku cerita rekomendasi Smart Mama di atas cocok untuk anak usia 5 tahun keatas, tetapi jika Anda memiliki balita, dapat diperkenalkan dengan buku aktivitas dengan judul yang sama yang lebih seru & fun. Selamat membaca! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various, Istockphoto.com) 

 

Shares