Finance

2019, Lakukan Resolusi Finansial Ini

By  | 

Hi Mams! Tahun baru sudah semakin dekat. Agar resolusi keuangan dapat segera diwujudkan, buatlah rencana secara detail. Pastikan Anda & pasangan melakukan 5 langkah ini.

1. Check up. Tuliskan semua pendapatan, pengeluaran, aset, serta tabungan/investasi yang Anda punya. Pelajari alokasinya selama 1 tahun ke belakang & lakukan evaluasi singkat untuk membenahinya. Buatlah pos – pos alokasi keuangan & patuhilah penggunaannya.

20160518085759-ryt2ac3ftc1

2. Buat rencana keuangan. Paling tidak, rencanakan dalam jangka waktu dekat: 3 bulan, lalu bertahap untuk triwulan berikutnya. Perencanaan mencakup tujuan, besar dana yang dibutuhkan, summer dana, dan target. Untuk membantu Mamas, manfaatkan aplikasi keuangan seperti Money Lover Expense Manager melalui smartphone. 

3. Tabungan berjangka. Patut untuk dipetimbangkan, kepemilikan tabungan yang secara auto debet akan dipotong melalui pendapatan Anda. Terkesan “sedikit memaksa”, tapi yakinlah karena pos tabungan seringkali terlupakan, tidak ada salahnya mencoba untuk jangka waktu tertentu.

Mother with baby working at home

4. Dana darurat & investasi. Berapapun besaran pendapatan Anda, tetap sempatkan untuk berinvestasi. Ada beberapa produk investasi seperti Reksadana yang tidak membutuhkan biaya besar, yuk mulai pelajari manfaatnya. Selain itu, pos dana darurat juga sudah mulai wajib menjadi perhatian utama. Besarannya 6 bulan gaji untuk mamas yang sudah berkeluarga.

5. Penggunaan kartu kredit. Gunakan dengan lebih cermat, misalnya saat memanfaatkan promo tertentu. Jika biasanya digunakan untuk membayar transaksi di resto, minimalisir penggunaannya. Dan jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu ya, Mams! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares