Mind

Trend Digital di Tahun 2018

By  | 

Mamas, tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi internet tercepat di Asia Tenggara? Terhitung sejak tahun 2013, perkembangan digital dan konektivitas internet di Indonesia sangat pesat, bahkan hingga ke pelosok-pelosok.

Bila di pelosok Indonesia saja perkembangan dunia digital sudah pesat, apalagi kita yang tinggal di kota besar. Keseharian Anda sendiri pun tentunya tak bisa jauh dari dunia digital, bukan? Lalu apa saja sih hal yang biasa Anda cari melalui Google? Dari sini, ternyata hal tersebut turut memberikan dampak pada perubahan trend dan perilaku online masyarakat Indonesia lho, Mams!

 

Showing him what I'm watching

 

Berikut adalah beberapa trend yang terjadi di 2018 berdasarkan Google Year in Search: Insights for Brand 2018, yaitu:

1. Smartphone is priority.

Sebagian besar perilaku online masyarakat Indonesia dilakukan melalui smartphone, sehingga penggunaan pc sudah jarang digunakan.

2. Laki-laki turut berperan penting dalam memilih produk perlengkapan bayi.

Wah mamas, ternyata selain mamas yang biasa berbelanja secara online, suami Anda juga dapat turut membantu mamas dalam menentukan produk apa saja yang pas untuk Si Kecil.

3. Kebiasaan pengguna di Indonesia semakin beragam.

Mulai dari mencari promo terbaik, promo store JSM (jumat sabtu minggu), mencari lokasi terdekat dan cepat dalam pembelian barang secara online hingga menggunakan fasilitas secara online. Ngaku deh, pasti mamas juga sering melakukan hal ini, bukan?

4. Review beragam produk.

As modern mamas, tentunya kita tak ingin sembarang membeli barang. Alasan inilah yang kemudian membuat para mamas kemudian memiliki kebiasaan untuk melakukan review terlebih dahulu melalui YouTube dan beragam bacaan rekomendasi yang mamas percaya tentang produk atau jasa yang akan digunakan. Hal ini semakin meningkatkan pertumbuhan vlogger dan influencer yang sering mamas ikuti untuk melihat review produk sebelum membeli atau menggunakannya.

Dari hal di atas, kita jadi memahami betapa dunia digital saat ini sangat memengaruhi serta menjadi pendorong bagi banyak sektor ekonomi di Indonesia. Namun perlu diingat mamas, tetaplah berlaku bijak dan tetap seimbang. Jangan sampai dunia digital menurunkan kualitas kehidupan sehari-hari Anda dengan keluarga. (Irfan Hakim/Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Google, iStockphoto.com)  

Shares