Parenting

Optimalkan Potensi Si Kecil untuk Jadikan Ia Selangkah Lebih Maju

By  | 

Sejatinya, seorang mama tidak cukup hanya memahami apa yang terbaik untuk masa depan anaknya, tetapi juga dapat aktif mendukung sang anak dengan mencari tahu potensi yang dimilikinya.

Sebagai orang tua, tentunya kita selalu menginginkan yang terbaik untuk anak. Si Kecil bisa menjadi anak yang sehat, bahagia, dan sukses adalah beberapa diantaranya. Namun untuk meraih semua itu, apa benar kita sudah memahami apa yang dibutuhkan oleh anak?

Bertempat di The MAJ Senayan – Jakarta, Nutriclub Indonesia mengajak para mama untuk bersama-sama mengenali potensi anak melalui talkshow bertajuk ‘Optimalkan Potensi Si Kecil Untuk Jadikan Ia Selangkah Lebih Maju.’

Acara ini dihadiri oleh selebriti mama yang juga brand ambassador Nutriclub, Acha Septriasa dan sang putri, Bridgia,  serta dr. Tinuk A. Sp.A (K) yang berbagi informasi mengenai nutrisi tepat untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil dan psikolog Ajeng Raviando M.Psi yang menerangkan tentang apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk mengidentifikasi potensi Si Kecil.

 

Tinuk A. Sp.A (K) menjelaskan tentangnya nutrisi bagi tumbuh kembang anak.

Tinuk A. Sp.A (K) menjelaskan tentangnya nutrisi bagi tumbuh kembang anak.

 

 Asupan Nutrisi  

Untuk mendukung anak tumbuh dengan optimal, pastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang di 1000 hari pertama kehidupannya.

“Tumbuh kembang optimal nantinya dapat turut mendukung masa depan anak,” terang dr. Tinuk A. Sp.A (K).

Lebih jauh, dr. Tinuk mengungkapkan bahwa ada 3 faktor yang turut memengaruhi hal ini, diantaranya adalah nutrisi, genetik, dan lingkungan. Berikut penjelasannya:

1. Nutrisi. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan pemberian MPASI/ makanan lanjutan bernutrisi seimbang sangat penting bagi anak. Tak cukup sekedar ‘bergizi’ saja, namun mamas juga wajib melengkapi asupan anak dengan gizi yang seimbang. Contoh mudahnya, jangan hanya memberikan makanan sarat protein saja bagi anak, namun penuhi juga kebutuhan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral lainnya.

2. Genetik. Faktor keturunan juga turut memengaruhi tumbuh kembang anak.

3. Lingkungan. Sedangkan faktor lingkungan yang memengaruhi diantaranya adalah parenting style, perhatian, kesehatan dan imunisasi.

 

Psikolog Ajeng Raviando M.Psi saat menjelaskan tentang pentingnya stimulasi.

Psikolog Ajeng Raviando M.Psi saat menjelaskan tentang pentingnya stimulasi.

 

Pentingnya Stimulasi Tepat untuk Jadikan Ia Selangkah Lebih Maju

Selain nutrisi yang seimbang, psikolog Ajeng Raviando M.Psi menambahkan bahwa stimulasi keterampilan sejak dini juga sangat dibutuhkan untuk optimalkan potensi anak. Adapun 6 keterampilan fundamental yang dapat menstimulasi keterampilan anak adalah:

1 Motorik halus

 

1. Keterampilan motorik halus. Keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan, untuk menggerakkan suatu objek. Mamas bisa melatihnya dengan cara mengajak Si Kecil menyusun balok, atau memasukkan benda kedalam lubang yang sesuai dengan bentuknya.

 

2 Motorik kasar

 

2. Keterampilan fisik atau motorik kasar. Keterampilan ini berkaitan dengan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar seperti lengan, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh. Keterampilan ini juga dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Misalnya kemampuan Si Kecil untuk duduk, berlari, atau meloncat.

 

 

3 Keterampilan interaktif

3. Keterampilan interaktif. Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan Si Kecil dalam hal sosial maupun emosional. Bermain dan belajar menggunakan kata-kata dan bahasa tubuh bisa menjadi cara bagi mamas untuk melatih keterampilan interaktif pada Si Kecil.

 

4 Kemampuan kognitif

4. Kemampuan kognitif. Kemampuan seorang anak untuk memahami suatu masalah dan bagaimana memecahkan masalah. Latih kemampuan kognitif Si Kecil dengan bermain dan memberikan pengalaman baru.

 

5 Keterampilan kreatif

5. Keterampilan kreatif. Mampu menciptakan sesuatu berdasarkan imajinasinya. Untuk menstimulasi keterampilan ini, mamas bisa memberi kebebasan kepada Si Kecil dalam berkreasi dan mengekspresikan idenya melalui musik, gerak, maupun lagu.

 

 

6 Keterampilan verbal

6. Keterampilan verbal. Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Latih kemampuan verbal anak dengan banyak mendongeng untuknya dan mengajak Si Kecil untuk berkomunikasi.

Dengan memberikan stimulasi-stimulasi tersebut, diharapkan kita sebagai orang tua sudah bisa mengidentifikasi potensi anak. “Namun meskipun kita telah menstimulasi anak dengan berbagai keterampilan tadi, tes sesungguhnya untuk bisa melihat potensi dan bakat anak adalah dengan melakukan observasi secara rutin sejak usia dini,” jelas Ajeng.

 

One Step Ahead Academy

Acara ini merupakan celebration day dari ‘One Step Ahead Academy’, sebuah kompetisi yang diadakan oleh Nutriclub Indonesia untuk para orangtua mengenali potensi anaknya. Para peserta yang mengikuti kompetisi ini sebelumnya telah  melakukan tes potensi Si Kecil di OneStepAheadAcademy.co.id, menerapkan tips yang dianjurkan, dan sharing pengalaman dalam bentuk foto atau cerita yang diunggah di sosial media Instagram para mama.

“One Step Ahead Academy merupakan wujud  support kami kepada para loyal member kami, yaitu para orang tua dan anak, yang sudah bergabung di Nutriclub. Anak-anak yang telah bergabung di Nutriclub ini telah menjalani beragam aktivitas untuk mengenali potensinya,“ ujar Nicky Sebastian, Senior digital brand manager nutrilon royal.

Yang juga menarik disini, semua keterampilan tadi dapat dicoba oleh anak-anak yang hadir di acara ini lho, mams! Tersedia 6 buah booth yang merepresentasikan keenam keterampilan fundamental di atas. Disini Si Kecil dapat mencoba beragam activity yang dapat menstimulasi keterampilannya. Seperti menyusun balok di booth Kognitif, membuat art & craft di booth Kreatif, dan sebagainya.

Sebagai seorang mama, Acha pun sangat mendukung terselenggaranya acara ini. “Sebagai mama, kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan asupan nutrisi yang seimbang serta menstimulasi potensi anak untuk mendukung tumbuh kembangnya agar optimal,” urai mama dari Brie, 14 bulan.

‘One Step Ahead Academy’ merupakan wujud komitmen Nutriclub Indonesia untuk mendukung para mama dalam merawat Si Kecil agar mereka selangkah lebih maju, demi kesuksesannya di masa depan.

Jadi, selalu berikan asupan bernutrisi seimbang dan stimulasi keterampilan Si Kecil untuk menggali potensi dan bakatnya ya, mams! Mamas juga bisa mengunjungi  website One Step Ahead Academy di https://www.nutriclub.co.id/onestepaheadacademy lho, dan coba tes-nya agar mamas dapat mengenali potensi Si Kecil. (Tammy Febriani/KR/Photo: SmartMama, iStockphoto.com)

Shares