Health

Formula Asam Amino Solusi Efektif Untuk Atasi Alergi Susu Sapi!

By  | 

 

Bagaimana gejala alergi bisa dikenali? Ya, alergi susu sapi kerap menimpa bayi dan balita, namun sayangnya masih banyak orang tua yang kurang tanggap akan hal tersebut.

Alergi jika diabaikan dapat menimbulkan dampak yang lebih serius, tidak hanya dampak kesehatan saat ini saja tapi bisa berdampak pada perkembangan kognitif dan psikologis Si Kecil di masa depan. Alergi juga dapat mempengaruhi sisi psikologis ibu maupun Si Kecil. Saat orang tua memiliki anak dengan alergi, apalagi alergi protein susu sapi yang lebih sulit dihindari dibandingkan dengan alergi makanan lainnya, mereka akan mengalami masalah parenting yang kompleks. Orang tua bisa mengalami stres, cemas berlebih hingga merasa gagal dalam mengasuh anak. Tak hanya itu, para mama juga bisa mengalami stres dalam soal memilah memilih makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi karena merasa dibatasi dalam memilih makanan.

Solusi yang bagi para orang tua yang memiliki anak dengan alergi bisa menerapkan langkah 3K, yaitu Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan. Pertama-tama, orang tua harus mengenali risiko dan gejala alergi setelah tahu ada faktor resiko atau gejala alergi pada Si Kecil, ibu bisa langsung tanggap mengambil tindakan dengan berkonsultasi kepada dokter/tenaga medis.

Lalu, apa saja sih yang bisa meningkatkan resiko alergi? Dr. Cessar Pronocitro, M.Sc, Sp.A, mengatakan, bahwa ada beberapa point yang dapat memicu Si Kecil terkena alergi. Antara lain :

  1. Ada anggota keluarga yang memiliki alergi. Presentase Si Kecil terkena alergi adalah, 40% -60% jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi, 20%-30% jika salah satu orang tua memiliki riwayat alergi, 25% – 30% jika saudara memiliki riwayat alergi, dan 5% – 15% jika orangtua tidak memiliki riwayat alergi.
  2. Perubahan mikrobiota usus, disebabkan operasi caesar dan antibiotik.
  3. Terpapar dengan asap rokok (sejak di dalam kandungan)
  4. Kemungkinan mendapatkan alergi lebih kecil apabila; konsumsi makanan bernutrisi dan tinggi serat.

Alergi susu sapi sebenarnya bisa dilihat dari kulit dan pernapasan. Gejala pada kulit misalnya berupa kemerahan, bentol yang gatal, dan pada beberapa kasus alergi bisa menyebabkan bengkak pada kulit. Sedangkan gejala pada pernapasan misalnya bunyi “ngik ngik” pada napas, dan cairan yang keluar dari mata atau hidung.

 

Child drinking a glass of milk. He loves milk. He knows that he needs to drink milk for healthy bones.

Lalu,  bagaimana solusi mengatasi alergi susu sapi?

  1. Konsultasikan ke dokter anak

Apabila gejala alergi seperti yang disebutkan sebelumnya mulai muncul dan tidak segera menghilang, segera bawa dan periksakan anak ke Dokter yaa, Mams. Supaya bisa ditindaklanjuti dan segera ditangani dengan penanganan yang tepat.

  1. Jika masih ASI lanjutkan konsumsi ASI

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan ASI sebagai asupan yang terbaik bagi bayi. Karena ASI dapat membantu bertahan melawan infeksi, mencegah alergi dan melindungi bayi dari beberapa penyakit kronis. Bahkan beberapa ahli sudah mengatakan bahwa ASI merupakan pilihan nutrisi terbaik bagi bayi. Oleh karena itu, jika tidak ada masalah dengan ASI Mams, usahakan untuk terus memberi ASI kepada bayi yaa.

  1. Hindari makanan yang mengandung susu sapi

Seseorang yang alergi susu sapi, berarti ia juga tidak bisa mengomsumsi makanan yang mengandung susu sapi seperti mentega dan margarin, keju, yogurt, es krim, sereal, cake, biskuit, krakers, bubur susu, pudding, dan custard. Waspadai juga produk-produk yang mengandung kasein, whey, dan laktosa pada kolom bahan bakunya.

  1. Berikan susu formula hipoalergenik

Jika anak Anda mengonsumsi susu formula, pilihlah susu formula yang hipoalergenik. Susu hipoalergenik adalah susu yang mempunyai peptida dengan berat molekul kecil dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada anak. Berdasarkan penelitian, penggunaan susu hipoalergenik tidak menimbulkan alergi pada 90% bayi dan anak alergi susu sapi.

Susu yang termasuk dalam golongan hipoalergenik adalah susu terhidrolisat ekstensif dan susu formula asam amino. Susu terhidrolisat ekstensif diberikan pada anak yang menderita alergi susu sapi dengan gejala klinis ringan atau sedang. Susu formula asam amino diberikan pada anak yang menderita alergi susu sapi dengan gejala klinis berat. Susu formula asam amino adalah susu dengan standar terbaik (golden standard) untuk menangatasi alergi susu sapi. Sebagai alternatif lainnya, anak yang menderita alergi susu sapi juga dapat mengonsumsi susu yang mengandung isolat protein keledai.

Nah, yang perlu Anda ketahui lagi dari #FormulaAsamAmino adalah bentuk protein yang paling sederhana, mudah dicerna dan bersifat non-alergenik. Pada Formula asam amino, whey (protein utuh pada susu sapi yang biasanya memicu alergi) sudah diurai seluruhnya. Oleh karena itu, formula asam amino ini dikatakan 100% bersifat non alergenik atau tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada anak yang alergi protein susu sapi.

Pic

Untuk itu, Anda bisa pilih susu formula dengan kandungan asam amino sebagai sumber nitrogen bayi penderita alergi susu sapi. Susu formula yang mengandung asam amino dinilai sebagai salah satu pengobatan untuk bayi dengan alergi susu sapi. Salah satu merk susu yang termasuk jenis ini adalah Neocate Advance, yang memiliki formula Hipoalergenik berbahan dasar 100% asam amino di Indonesia. Beberapa kandungan yang juga perlu Anda ketahui tentang Neocate Advance, antara lain :

 

  • Neocate Advance sebagai pelengkap rangkaian allergy care adalah formula Asam amino tanpa kandungan protein susu sapi, sehingga sangat aman diberikan untuk si kecil yang masih mengalami alergi susu sapi, dan diindikasikan juga untuk si Kecil dengan alergi berbagai protein makanan serta kondisi klinis lain yang memerlukan formula asam amino sebagai asupannya
  • Dilengkapi dengan energi tinggi (1 kcal/ ml ) dan Kandungan MCT yang tinggi (35%) untuk memenuhi kebutuhan Nutrisi Tumbuh kejar pertumbuhan pada anak yang mengalami alergi,dan sesuai kebutuhan anak usia 1-12 tahun
  • Satu satunya Formula hipoalergenik dengan kandungan asam amino 100% non alergenik di Indonesia, yang bisa membantu mengatasi gejala alergi susu sapi dengan lebih cepat dan mendukung pertumbuhan Si Kecil untuk terus bertumbuh kembang tanpa halangan dari alerginya.
  • Neocate juga memiliki rangkaian produk susu untuk dibawah 1 tahun dan juga produk Neocate Spoon yaitu MPASI berbahan dasar asam amino yang aman untuk Si Kecil yang alergi susu sapi. Untuk tahu lebih lanjut mengenai alergi dan penanganannya jangan lupa berkonsultasi kepada dokter anak Anda ya, Mams! (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares