Health

Benarkah Alergi Dapat Memengaruhi Aktivitas dan Kecerdasan anak?

By  | 

Mamas, tahukah Anda bahwa risiko alergi pada anak bisa diketahui sejak anak itu dilahirkan? Bahkan sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sejak di dalam kandungan pun, alergi seorang anak sudah bisa terdeteksi.

Kendati begitu, umumnya orang tua justru baru mengetahui hal ini setelah muncul reaksi alergi pada tubuh anak, saat anak sudah tumbuh besar. Dan sayangnya, tak semua alergi ini dapat tertangani dengan baik, apalagi bila diagnosis dokter tidak tepat, otomatis penanganannya pun jadi tidak maksimal.

 

Dampak Alergi pada Anak

Reaksi alergi ini biasanya mucul saat anak berumur 0-3 tahun, dimana pada periode tersebut pertumbuhan anak sedang  berkembang pesat. Si Kecil pun sedang aktif-aktif-nya bukan, mams? Sehingga reaksi alergi seperti batuk, gatal, dan ruam pada kulit dapat membuatnya sulit berkonsentrasi dan fokus dalam menyerap ilmu yang ia dapat.

Perlu mamas ketahui, gangguan alergi ini dapat berdampak luas pada anak, seperti memengaruhi aktivitas dan juga kecerdasannya. Contohnya saja, anak dapat mengalami gangguan daya ingat, aktivitas Si Kecil menurun, anak kesulitan berbicara, kurang konsentrasi saat melakukan aktivitas yang memerlukan fokus, lemas dan mudah lelah, serta gangguan emosi anak saat beraktivitas, hingga autisme.

Anak dengan  alergi biasanya juga akan mengalami sakit jauh lebih lama dibandingkan anak yang sehat, tetapi memiliki penyakit yang sama. Hal ini dapat terjadi karena anak alergi sangat rentan dengan infeksi virus dan bakteri yang menyerang. Tidak menutup kemungkinan, infeksi ini juga dapat menyerang organ lainnya seperti otak yang terserang virus atau infeksi yang dapat memengaruhi kecerdasan. Salah satu efeknya adalah gangguan bicara, dimana anak akan sulit menerima bahasa yang ditangkap dan perkembangan kemampuan bicaranya agak terlambat.

Two happy children playing with big old toy car in summer garden, outdoor

 

Pencegahan

Karena itu, penting sekali bagi mamas untuk menjaga Si Kecil dari gangguan alergi. Walau begitu, mamas tidak perlu khawatir berlebihan. Perhatikan beberapa faktor yang bisa mencegah alergi itu muncul dan bagaimana mengobatinya secara bertahap, dengan cara:

1. Perhatikan lingkungan Si Kecil.

Baik lingkungan rumah, sekolah dan lainnya, mamas perlu mengetahui sejauh mana Si Kecil berinteraksi dengan lingkungannya. Perhatikan saat ia bermain bersama teman-temannya ataupun benda yang ia mainkan, adakah yang dapat memicu alerginya?

2. Perhatikan makanan dan asupan nutrisi Si Kecil.

Berilah asupan nutrisi yang dapat mengurangi risiko alerginya muncul, namun tetap bernutrisi agar kecerdasan otaknya dapat berkembang dengan optimal.

Soy milk in a glass jar on an old wood background.

Bicara tentang asupan bernutrisi bagi Si Kecil yang alergi susu sapi, mamas masih tetap bisa lho memberi Si Kecil alternatif susu yang dapat ditoleran olehnya. Salah satunya adalah dengan memberinya susu formulasi soya, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil tetap terpenuhi . Pilihlah nutrisi yang mengandung prebiotic IcFOS tinggi guna mendukung daya tahan tubuhnya, dan minyak ikan tinggi untuk mendukung kemampuan berpikir Si Kecil. Tak hanya itu saja, perhatikan pula apakah susu formulasi soya tersebut tinggi kalsium, protein, dan asam amino esensial yang dapat membantu anak tumbuh dan berkembang dengan optimal, cerdas, dan aktif. Dan salah satu susu dengan semua kandungan di atas adalah Nutrilon Royal Soya ActiDuoBio+.

Mamas ingin lebih dalam menengetahui bagaimana alergi dapat memengaruhi kecerdasan dan aktifitas Si Kecil? Yuk Mams, ikuti acara Sharing Moment SmartMama with Nutrilon Royal Soya dengan tema, “Be a Smart Mama: Jangan Biarkan Alergi Susu Sapi Menghalangi Kesuksesan Si Kecil”!

nutrilon

Acara ini merupakan kelanjutan dari Nutrilon Royal Soya di sekolah-sekolah. Pada rangkaian kedua ini mamas dan Si Kecil bisa mengikuti sharing dan aktivitas lainnya yang informatif dan juga menyenangkan di Rockstargym. Caranya cukup mudah. Ikuti challenge-nya bersama SmartMama dan nutriclub_Id dengan cara:

1. Upload foto Si Kecil yang sedang aktif bermain di akun Instagram Anda.

2. Mention dan tag @thesmartmamas dan nutriclub_id.

3. Ceritakan di caption alasan Anda ingin hadir di Sharing Moment Nutrilon Royal Soya.

5 orang mama yang beruntung akan mendapatkan free invitation untuk menghadiri acara Sharing Moment SmartMama with Nutrilon Royal Soya dengan tema, “Be a Smart Mama: Jangan Biarkan Alergi Susu Sapi Menghalangi Kesuksesan Si Kecil”.    See you there, mams! (Irfan Hakim, Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares