Career

Kantor Ideal bagi Smart Mamas

By  | 

Kantor bisa diibaratkan sebagai rumah kedua bagi para pekerjanya. Mengingat sebagian besar waktu kita dalam sehari, kita habiskan di kantor bukan, mams? Sehingga tak perlu diragukan lagi, suasana kantor yang nyaman akan menjadi dambaan setiap karyawannya.

Tak dapat dipungkiri, bisa bekerja di kantor yang ‘sempurna’ bagi kita tentu akan membuat kita lebih nyaman sekaligus produktif dalam bekerja. Walau begitu,  gambaran kantor ideal bagi setiap orang bisa saja berbeda, namun setidaknya beberapa hal berikut ini bisa membuat Anda lebih ‘betah’ dan mungkin tak terpikir untuk pindah kantor lagi alias resign.

Those who work hard, win

1. Lingkungan kerja

Lingkungan kerja dapat memengaruhi mood. Tentunya, bertemu dengan rekan kerja dan atasan yang ramah, terbuka dan juga kooperatif, dapat menjaga mood Anda tetap dalam kondisi baik. Dengan begitu, Anda pun akan merasa nyaman dan bekerja lebih produktif.

2. Apresiasi & Dukungan

Teamwork yang solid dan dukungan antar team adalah dambaan setiap pekerja. Ditambah dengan fleksibilitas dan kesempatan untuk mewujudkan ide-ide baru demi kemajuan perusahaan, tentunya dapat memperkokoh perusahaan tersebut. Setiap keberhasilan pun tentunya butuh apresiasi, dan bentuk apresiasi yang diberikan oleh atasan ataupun perusahaan, akan jadi penyemangat bagi setiap pekerjanya untuk bisa lebih berprestasi lagi.

3. Fasilitas Kesehatan

Perusahaan memberikan fasilitas kesehatan yang layak bagi setiap karyawannya. Tak hanya berupa asuransi kesehatan, namun juga edukasi dan program healthy lifestyle. Karena, ternyata menjaga kesehatan karyawan, dapat menurunkan pengeluaran medis sebuah perusahaan bagi karyawannya.

4. Cuti Karyawan

Selain hak cuti yang telah ditetapkan pemerintah selama 12 hari kerja/tahun. Karyawan juga berhak mendapatkan cuti melahirkan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Keempat hal tersebut bisa lho mamas dapatkan di salah satu kantor rekomendasi SmartMama, yaitu Jhonson& Jhonson Indonesia.

Johnson & Johnson Indonesia

Johnson & Johnson masuk ke dalam daftar Tempat Kerja Terbaik versi Glassdoor 2018 lho, mams! Setelah tahun sebelumya berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Paling Dikagumi dari Fortune sebagai salah satu perusahaan farmasi terbaik.

Beberapa program perwujudan komitmen Johnson & Johnson diantaranya berupa Kebijakan Cuti Orangtua Global (Global Parental Leave Policy) agar orangtua memperoleh waktu bonding yang lebih lama dan berkualitas – misalnya pemberian cuti bagi mama (karyawati) yang baru melahirkan sebanyak 3,5 bulan dan cuti selama 2 bulan bagi papa (karyawan) yang isterinya baru memiliki bayi, dimana mereka tetap mendapatkan gaji penuh sepanjang periode cuti tersebut.

Devy Yheanne dan Indriyati Sumarsono

Devy Yheanne dan Indriyati Sumarsono

“Mengedepankan integrasi antara kehidupan di rumah dan pekerjaan sangatlah penting bagi kami dan masa depan perusahaan kami. Berbagai manfaat yang kami berikan membuat para pekerja generasi milenial dan generasi Z menjadi lebih tertarik, mengingat merekalah yang akan menjadi sumber daya masa depan perusahaan. Pemberian cuti kepada orangtua baru, termasuk orangtua yang mengadopsi anak, sekaligus memperkuat komitmen kami terhadap keberagaman, inklusi, dan dukungan terhadap keluarga modern masa kini,” jelas i Indriyati Sumarsono, Head of HR & Business Development / Strategy, PT Johnson & Johnson Indonesia.

Selain itu, dalam mendukung etos hidup dan bekerja yang seimbang, Johnson & Johnson juga menetapkan jam bekerja yang fleksibel, dimana para karyawan diberikan kebebasan untuk mengatur waktu bekerjanya, terutama di saat jam padat lalu lintas di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Lebih lanjut tentang program kesehatan ini, Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia menuturkan, “Kami yakin bahwa konsistensi dalam menjalankan program ini akan mendorong perubahan perilaku karyawan menjadi pribadi yang lebih sehat dan bahagia.”

Beberapa program kesehatan penting yang ada di Johnson & Johnson antara lain: promosi kesehatan dan wellness – mendorong upaya pencegahan penyakit, makan sehat, dan gerakan tubuh; perangkat kesehatan digital – sistem yang bisa memberikan laporan kesehatan harian secara personal; penilaian kesehatan – mengindentifikasi risiko-risiko kesehatan; kebijakan tempat bekerja bebas rokok – program untuk berhenti merokok ; kebijakan lingkungan kerja HIV/AIDS – akses untuk melakukan tes, pengobatan dan layanan pendukung untuk karyawan dengan HIV/AIDS; menyediakan fasilitas yang mendukung gerakan tubuh seperti pusat kebugaran, rehat dari posisi duduk dalam pekerjaan sehari-hari, dan sebagainya.

“Komitmen untuk meningkatkan wellbeing karyawan diharapkan mampu menginspirasi perusahaan lain di Indonesia untuk menciptakan perubahan baik di dalam lingkungan kerja, menurunkan beban pengobatan bagi negara, sekaligus berkontribusi terhadap pemeliharaan kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” tutur Devy.

So mamas, sudahkah Anda mendapatkan lingkungan kerja yang sehat dan ideal di kantor? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Johnson & Johnson, iStockphoto.com)

Shares