Health

Apakah Anda Sudah Menghitung Asupan Kalori ?

By  | 

Ternyata, tidak semua makanan yang memiliki kalori tinggi itu buruk untuk kesehatan Anda. Ketika berbicara tentang cara menurunkan berat badan, kalori adalah salah satu musuh utamanya. Banyak orang menghitung jumlah asupan kalori setiap harinya, dan biasanya, makanan yang dihindari adalah makanan yang berkalori tinggi.

Namun, dengan melakukan itu sebenarnya kita justru kehilangan nutrisi-nutrisi penting karena jenis makanan bernutrisi biasanya juga memiliki kalori yang tinggi.

Berikut adalah 6 jenis makanan yang mungkin dianggap berkalori tinggi, namun sebenarnya penting untuk berada dalam diet seimbang Anda.

1. Kacang pistachio (560 kal/100gr)

Ini adalah kacang yang sangat baik untuk dikonsumsi, dengan cara dipanggang tanpa dikupas, karena pada saat Anda harus mengupas kulit saat akan dikonsumsi, Anda akan makan dalam waktu yang lebih lama, mengizinkan otak untuk berkomunikasi dengan perut. Juga, pigmen hijau dan ungu di pistachio dipenuhi agen anti-oksidan.

pistachio-kacang-yang-bisa-bikin-sehat-dan-pintar

2. Alpukat (160 kal/100gr)

Alpukat menjadi cukup populer akhir-akhir ini, sebenarnya hal ini cukup lumrah mengingat alpukat sangatlah sehat. Alpukat sangat baik untuk setiap orang yang ingin memiliki lemak sehat. Merupakan sumber yang baik untuk vitamin.
6-alasan-kenapa-buah-alpukat-baik-untuk-rambut-dan-kulit-kepala

3. Chia seeds (480 kal/100gr)

Makanan ini memiliki banyak sekali nutrisi yang baik yang tidak cukup jika dijelaskan hanya dalam satu paragraf. Salah satu hal utama yang perlu diingat adalah untuk mengeluarkan seluruh lemak omega 3 dan nutrisinya, chia seeds baiknya harus direndam atau digiling. Oleh karena itu chia seeds adalah pilihan populer untuk overnight oats.

chia

4. Cokelat (580 kal/100gr)

Anda mungkin terkejut melihat cokelat ada di dalam daftar ini, namun cokelat dengan tingkat biji cokelat yang tinggi (85% dan lebih) sangat baik untuk tubuh. Biji cokelat dari flavonoid kakao dapat memperbaiki mood, meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, bahkan menyediakan mineral seperti zat besi dan kalsium.

5a83d21e-668f-40d9-9f5c-4cd7c3ce2614_169

5. Fillet steak (300 kal/100gr)

Dari perspektif nutrisi, daging steak adalah sumber protein, zat besi, dan vitamin B yang baik. Yang penting adalah saat mengonsumsi fillet steak, Anda harus membatasi porsinya dan tidak memakannya terlalu sering, ya Mams.

fillet-steak-1

6. Minyak kelapa (895 kal/100gr)

Minyak kelapa memiliki campuran lemak natural, yang lebih mudah untuk dicerna. Minyak kelapa juga memiliki lemak yang membantu sistem kekebalan tubuh karena memiliki elemen antimicrobial. Lemak jenuh di dalam minyak ini juga dapat mendukung kolesterol sehat.

1

(Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com, Various)

Shares