Recipe

Resep: Crispy Chicken Fingers & Saus Madu Wijen

By  | 

Siapa sih yang tidak suka sajian chicken fingers? Menu yang satu ini dapat dinikmati baik untuk santap makan maupun snack bagi SI Kecil. Kami mengadopsi resep yang dibuat oleh food blogger Endang Indriani melalui akun Instagram @justtryandtaste yang telah dibukukan dengan judul “Home Cooking: 50+ Resep Masakan Rumahan Favorit” penerbit Kawan Pustaka. Yuk, kita buat sendiri di rumah!

cook

Bahan & bumbu breadcrumbs

100 gr breadcrumbs: Bisa juga dibuat dari biskuit keju yang dihancurkan.

1/4 sdt thyme: Dalam resep ini, thyme, oregano, dan basil bisa digantikan dengan 1 sdt mixed herbs (Italian seasonings). 

Bahan & bumbu ayam

300 gr fillet dada ayam, iris tipis memanjang seukuran jemari tangan, bisa juga menggunakan fillet paha ayam, ikan, cumi – cumi atau udang kupas.

1/4 sdt merica hitam tumbuk.

1 siung bawang putih, cincang halus.

1/4 sdt garam.

Bahan & bumbu saus 

1 buah cabe rawit merah (optional).

2 sdm mayones.

2 – 3 sdm madu.

1 sdm saus tomat.

1/2 sdm kecap Inggris.

1 sdm air jeruk nipis/lemon.

1 1/2 sdm biji wijen sangrai.

1/4 sdt merica hitam bubuk.

1/4 sdt garam.

3 sdm air matang.

Pelengkap

Mayones secukupnya untuk pencelup.

Biji wijen sangrai untuk taburan.

 

Cara membuat

1. Siapkan mangkuk, masukkan bahan & bumbu breadcrumbs, aduk rata, sisihkan.

2. Siapkan mangkuk lainnya, masukkan irisan dada ayam dan semua bumbunya. Aduk rata.

3. Siapkan mangkuk, tuangkan mayones ke dalamnya. Ambil sepotong fillet dada ayam, celupkan ke mayones hingga terlumuri  dengan baik. Angkat dan ketukkan pelan untuk membuang kelebihan mayones.

4. Masukkan ayam berlumur mayones ke dalam mangkuk berisi breadcrumbs. Tekan – tekan agar breadcrumbs menempel dan melumuri ayam dengan baik. Letakkan loyang beralas silpat/kertas baking.  Lakukan pada semua potongan ayam, hingga loyang penuh. Panggang dengan api atas dan bawah di dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 170 derajat Celcius, hingga permukaan ayam cokelat keemasan. Keluarkan dari oven, sisihkan.

Cara membuat saus wijen

1. Siapkan gelas blender kecil untuk dry mill, masukkan semua bahan saus, proses hingga smooth. Cicipi rasa, jika terlalu asam tambahkan sedikit madu dan sesuaikan rasa asin menurut selera. Taburi dengan biji wijen.

2. Tata chicken fingers di piring saji dan sajikan bersama saus madu wijen. Super yummy! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares