Health

Apakah Menu Sarapan Anda Sudah Sehat?

By  | 

Mengawali aktivitas sehari-hari dengan sarapan tentu akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat. Selain itu, sarapan pun dapat membuat Anda lebih fokus. Sehingga menu sarapan pun menjadi penting untuk diperhatikan.

Menyantap hidangan yang tidak bernutrisi dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Lantas, apa saja hidangan yang sebaiknya anda hindari saat sarapan?

1. Sereal. Apakah Anda salah satu penyuka hidangan sereal saat sarapan? Jika ya, sebaiknya perhatikan hal berikut. Sereal mengandung kadar gula yang tinggi, tapi memiliki serat dan protein yang cukup rendah. Maka, tidak heran jika mereka yang menyantap sereal saat sarapan menjadi mudah lapar dan cenderung mudah untuk mengantuk.

2. Sandwich siap saji. Menyantap sandwich di pagi hari memang menjadi pilihan praktis bagi Anda yang memiliki mobilitas padat. Tak sempat membuat menu sarapan, mungkin Anda akan membelinya di swalayan. Namun, sandwich yang ada di swalayan sebelumnya dikemas dan dibekukan, sehingga mengandung bahan pengawet, sodium, dan lemak yang tidak baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mulailah berpikir untuk tidak menjadikan sandwich siap saji sebagai menu sarapan Anda.

 3. Jus Sayuran Hijau. Anda yang kerap membuat jus dari sayuran hijau, sebaiknya mulai hindari sebagai menu sarapan. Sayuran hijau yang sudah dijus akan kehilangan banyak serat dan protein. Selain itu, Anda akan cenderung menambahkan banyak gula pada jus sayuran hijau, sehingga memiliki kadar gula yang tinggi.

4. Yogurt Rendah Lemak. Menu diet ini kerap menjadi pilihan bagi Anda. Namun demikian, mengawali hari dengan menyantap yogurt rasanya menjadi ide yang buruk. Pasalnya, kadar gula yang tinggi pada yogurt dapat mengganggu aktivitas keseharian. Selain itu, yogurt yang rendah lemak justru akan membuat Anda cenderung mencari makanan berlemak yang lainnya, sehingga tidak menutup kemungkinan berat badan Anda akan bertambah.

5. Roti panggang dengan mentega. Roti gandum mungkin menjadi menu sarapan yang ideal. Namun, menambahkan mentega pada roti sebelum dipanggang rasanya menjadi ide buruk untuk dijadian sebagai menu sarapan. Pasalnya, kandungan lemak sintetis pada mentega dapat memicu naiknya kadar kolesterol pada tubuh anda. Selain itu, mentega pada roti panggang dapat memicu munculnya penyakit jantung dan diabetes.

6. Kopi. Mengawali hari dengan minum secangkir kopi mungkin salah satu rutinitas Anda ya Mams. Namun demikian, mulai hindari kebiasaan ini. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi dapat menumpulkan selera makan anda sejenak, tetapi akan menimbulkan rasa lapar yang luar biasa. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares