Health

Bisakah Alergi pada Si Kecil Disembuhkan?

By  | 

Orangtua zaman dulu kerap mengatakan jika anak alergiterhadap sesuatu, maka sebaiknya ia justru terusdiberikan si penyebab alergi sehingga lama kelamaanmenjadi kebal. Apakah hal tersebut benar?

Well Mams, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam obrolannya bersama Smart Mama, Dr. dr Nita Ratna Dewanti SpA dari RS Premier Bintaro mengatakan, “Penyebab alergi pada anak justru harus dhindari. Namun, bukan berarti selamanya dihindari, lho. Di saat-saattertentu, penyebab alergi seperti makanan dapat diberikanlagi pada anak. Pengenalan kembali makanan penyebabalergi disarankan dilakukan setiap 6 bulan sekali, sampaianak menjadi toleran terhadap makanan tersebut
Karena bisa jadi seiring jalannya waktu, Si Kecil tidak lagialergi terhadap hal tersebut.

Lalu, apakah alergi dapat sepenuhnya disembuhkan?Dokter anak yang akrab dipanggil dr. Nita inimengungkapkan, “Menyembuhkan alergi agak sulit ya, karena gen alergi tersebut sudah ada di dalam tubuhseseorang. Tetapi dalam beberapa kasus, seiringbertambahnya usia, ada juga anak yang sudah tidak alergilagi terhadap penyebab alergi yang dideritanya selamaini.”

Lebih lanjut lagi dr. Nita menjelaskan bahwa meski tingkathipersensitif seorang anak memang bisa hilang di usiatertentu, tapi tidak menutup kemungkinan alergi akantimbul lagi kala mereka dewasa. Bisa juga alergi yang dialami saat kecil berbeda dengan alergi saat ia dewasa.Contohnya, saat kecil ia alergi makanan tertentu, bisa jadisaat dewasa ia alergi terhadap sesuatu yang dihirup, misalnya tungau debu rumah,” papar dokter yang jugaseorang mama tersebut.

62A5D6BE-DBF7-45FC-9246-89FB0333B4B2

Ingin mengetahui seputar alergi anak dengan lebihmendalam? Yuk ikutan sharing session dengan Dr.dr. Nita Ratna Dewanti, SpA dalam acara “Be A Smart Mama: Jangan Biarkan Alergi Susu Sapi MenghalangiKesuksesan Si Kecil. Acara ini diadakan di SekolahSunflower, Bintaro, Tangerang Selatan pada hari Kamis, 13 September 2018 mendatang. Untuk undangan hubungi [email protected]. See you, Mams!(KARMENITA RIDWAN/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares