Parenting

Smart Mama Story: Monique Arianto

By  | 
Tinggal di luar negeri bukan berarti halangan bagi Monique Arianto, penulis sekaligus mama dari Rachel (15) & Claire (8) memperkenalkan nilai – nilai keindonesiaan pada keluarga. Dari Perth, Western Australia, Monique berbagi pengalaman membesarkan anak & cerita seru saat Claire terpilih menjadi “Anak Inspirasi” oleh KJRI Australia saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 73. 
Monique & family, saat menghadiri peringatan HUT Ri ke 73 di KJRI Perth, Australia.

Monique & family, saat menghadiri peringatan HUT Ri ke 73 di KJRI Perth, Australia.

Hai Monique! Bagaimana dengan perayaan Hari Kemerdekaan di Australia? Apa biasanya aktivitas yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus? 
Perayaan HUT RI di Perth sangat meriah, sebulan sebelumnya Konsulat Jenderal RI Perth melaksanakan berbagai pertandingan olah raga dan seni seperti bola voli, badminton, bowling, golf, tenis meja dan lomba karaoke. Selain itu Ada juga perlombaan permainan tradisional seperti di tanah air, misalnya balap karung, makan kerupuk, tarik tambang dan bentengan.
Selain pertandingan, juga diadakan berbagai kegiatan  bazaar kuliner dan produk Indonesia, baik oleh KJRI Perth serta berbagai organisasi masyarakat Indonesia. Perhimpunan Pelajar Indonesia di  Australia juga mengadakan promosi budaya dengan mendatangkan band ternama dari Indonesia. Tahun ini, kami bisa menikmati satina musik dari  Kahitna. Biasanya pada tanggal 17 setelah upacara, diadakan kegiatan tumpengan di KJRI Perth dan diidi oleh berbagai hiburan.
Tinggal jauh dari Indonesia, bagaimana Monique tetap mengajarkan nilai – nilai nasionalisme pada anak – anak? 
Sebagai orangtua, kami sering bercerita kepada anak-anak, bagaimana hebat dan kayanya bangsa Indonesia. Dimulai dari hal-hal yang mudah untuk dicerna, seperti menceritakan betapa majemuknya bangsa kita dengan begitu banyaknya suku, bahasa dan budaya serta melihat hal tersebut sebagai kekayaan…. Karena ketika mereka bisa melihat kita sebagai orangtuanya bangga akan Indonesia, maka perasaan itupun akan menular kepada mereka. Walaupun mereka lahir di Perth, tapi mereka cinta dan bangga akan Indonesia.
ki - ka: Monique Arianto, Konsulat Jenderal Dewi Tobing, Claire (8) setelah menerima penghargaan sebagai "Anak Inspirasi" pada perayaan HUT RI ke 73 di Perth, Australia.

ki – ka: Monique Arianto, Konsulat Jenderal Dewi Tobing, Claire (8) setelah menerima penghargaan sebagai “Anak Inspirasi” pada perayaan HUT RI ke 73 di Perth, Australia.

Kabarnya, Claire terpilih menjadi “Anak Inspirasi” oleh KJRI Australia?
Betul, kami sangat bangga atas pencapainnya ini. Kebiasaan kami memperkenalkan Indonesia sebagai rumah dan tanah air yang kaya ternyata membuatnya ingin berbuat sesuatu untuk anak – anak Indonesia lainnya. Melalui sosial media, kami mulai mengunggah video – video singkat yang berisi ajakan bagi anak – anak lain untuk mencintai tanah kelahirannya, Indonesia.
Ia juga bersungguh – sungguh menghafal kelima sila Pancasila, dan memahami maknanya. Kami lihat Claire bersungguh – sungguh, maka sudah menjadi tugas kami untuk memberikan segala jenis dukungan kepadanya. Terima kasih kami ucapkan kepada Ibu Dewi Tobing, selaku Konsulat Jenderal RI di Australia Barat dan seluruh tim KJRI yang selalu mendukung aktivitas positif anak – anak kami selama ini.
Parenting Style
Apa saja sih, tantangan mengasuh & membesarkan kedua anak remaja putri? 
Karena kebetulan kedua anak saya mempunyai perbedaan umur yang lumayan yaitu 6 thn dan mereka pun mempunyai karakter yang berbeda, jadi tantangan saya saat ini adalah harus pintar menempatkan diri untuk menjadi orangtua yang mampu memberikan contoh di posisi depan, begitu juga dengan posisi di samping yaitu menjadi teman mereka dan posisi di belakang yaitu menjadi supporter bagi mereka.
Untuk anak saya yang remaja, saya harus lebih banyak menahan kebiasaan komentar berlebihan dan lebih banyak mendengar, menjelaskan dan memberi input sehingga saya bisa mengambil keputusan yang bijaksana dan benar. Untuk anak saya yang berumur 8 thn posisi pun tetap sama, tetapi cara menyampaikannya tentu berbeda sesuai dengan pendekatan karakter mereka. Saya selalu belajar untuk menjadi orangtua yang baik setiap hari..
Monique & family

Monique & family

Tip menjaga & menciptakan komunikasi 2 arah dengan mereka? 
Tips nya.. teruslah bercerita, bertanya dan dengarkanlah mereka,  bangunlah hubungan dengan mereka dan hadir untuk mereka,  anak belajar dari apa yang orangtua contohkan kepada mereka. Kalau kita tidak pernah mendengarkan mereka, bagaimana kita bisa mengharapkan mereka untuk mendengarkan kita? Karena kebutuhan dasar mereka adalah kasih sayang, bukan materi semata. Hal – hal yang mereka ingat adalah memori yang kita tabur untuk kehidupan mereka dan hal tersebut tidak bisa dibeli oleh apapun juga.
Nilai – nilai apa yang ingin ditanamkan pada anak – anak dan keluarga selama ini? 
Kami berharap mereka tumbuh menjadi pribadi yang percaya kepada Tuhan, mengasihi sesama tanpa melihat perbedaan, have courage, selalu berusaha yang terbaik, jujur,  bekerja keras berbudi luhur, humble dan berkarakter hebat.
Nah, bagaimana dengan Anda, Mamas? Apa saja kebiasaan baik yang Anda tanamkan kapada Si Kecil untuk memperkenalkan Indonesia? (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Monique Arianto)

Shares