Parenting

Smart Mama Story: Dahlia Poland

By  | 

Bagi aktris & model Dahlia Poland, menjadi seorang mama bagi James Nathaniall (20 mos) membawa perubahan besar. Berikut obrolan Smart Mama dengannya di sela – sela break syuting iklan. 

“Jadi seorang mama itu luar biasa, lho. Rasanya seperti bekerja 24 jam non stop,” ungkapnya. Manajemen waktu, menurut wanita berusia 21 tahun tersebut merupakan hal utama yang berubah. “Sejak kehadiran James, karena prioritas juga berubah dan menjadi fokus padanya, saya tidak lagi sempat bepergian keluar rumah dalam waktu yang lama. Kini saya benar – benar fokus pada keluarga, dari segi waktu maupun prioritas.”

Tapi masih menyediakan momen untuk me time, dong?

Karena selama ini saya merawat James sendiri tanpa ada nanny, jadi sering memanfaatkan waktu saat Ia tidur siang atau malam hari. Aktivitasnya juga simple aja, misalnya nonton serial tv, membaca, atau main games hehe..

Dahlia & family

Dahlia & family

Parenting Style

“Saya dan suami, Fandy, menetapkan pola pengasuhan yang santai – santai saja, tapi bukan berarti tidak peduli. Kami justru belajar dari situasi yang sedang dihadapi, tanpa membatasi keinginan Si Kecil untuk bereksplorasi. Misalnya saat ada temannya yang sedang sakit dan James ingin main, biasanya saya yang akan ambil inisiatif untuk mengajak main bersama kami saja di rumah karena takut terkena dampak virus. Sisanya kami pantau saja.”

Fandy juga lebih hands on dalam mengajak James bermain. Apalagi di usianya yang sudah menginjak 20 bulan saat ini, responnya sudah sangat baik. Malah terkadang Fandy meminta waktu khusus berdua dengannya untuk bermain.

Apakah Dahlia memberikan waktu bagi James untuk mengonsumsi gadget?

Tidak bisa dipungkiri, kini jaman sudah hampir segalanya memanfaatkan digitalisasi. Saya juga bukan orangtua yang mengatakan tidak pada gadget, kok. Saya berikan sesuai kebutuhan saja. Dari sisi konten dan waktu, dua – duanya harus bijak. Salah satu program favorit James di YouTube adalah Bippli: Tidak hanya fun, tapi juga sangat edukatif.

Kami ingin lebih fokus untuk memfasilitasi kebutuhan sesuai perkembangan dirinya. Seperti mengikutsertakan James pada kelas gymnastic, tidak semata – mata karena manfaat edukasi, tapi juga untuk melatih kepekaan & skill berosialisasi sejak dini. So far, sudah banyak sekali kosakata yang Ia serap. Senang sekali karena James sudah param konsep/waktu tidur & bermain, sehingga lebih mudah bagi kami untuk mengajarkan kemandirian. Semua berkat disiplin positif juga! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Dahlia Poland, Instagram, Various)

Shares