Relationship

Hangatkan Hubungan dengan Langkah Mudah Ini

By  | 

Menjaga hubungan, terutama setelah melewati fase pernikahan tidaklah mudah. Mark Manson, New York Times Best Seller Writer yang sebelumnya menulis buku “The Subtle Art of Not Giving a F*ck” baru – baru ini mengungkapkan pentingnya langkah memenuhi kebutuhan emosional pasangan kita untuk menciptakan hubungan yang “sehat” dan selalu bergairah. 

Ulasan ini dituangkan melalui e book berjudul “Emotional Needs in Relationships”. Menurutnya, ada 3 emotional needs yang dibutuhkan oleh manusia:

1. Status (Perasaan diutamakan/dianggap penting)

2. Connections (Perasaan dihargai & dimengerti)

3. Security (Perasaan aman & dilindungi).

Loving Couple In Consoling Embrace

Prioritas dari ketiga kebutuhan diatas akan sangat berbeda bagi setiap pasangan. Mostly, tergantung pada jenjang usia dan kebutuhan. Misalnya, pasangan yang berada pada range usia 20an akan lebih concern pada kebutuhan untuk diakui (status). Pasangan dengan rentang usia 30 tahun membutuhkan lebih banyak penghargaan (connections), sedangkan pasangan dengan range usia 40 tahun biasanya memiliki konsentrasi besar untuk saling melindungi.

Cara terbaik untuk mengenali kebutuhan emosional pasangan kita adalah dengan mempelajari motivasi hidup, membaca body language, serta bahasa cintanya (Baca juga: Apa Bahasa Cinta Anda & Pasangan?).

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan kepekaan terhadap kebutuhan emosional ini? Start asking yourself “why?”. Bertanya kepada diri sendiri tentang hal – hal yang kita butuhkan, apakah ingin dianggap penting, dihargai, atau dilindungi? Setelah itu, bicarakan tentang kebutuhan ini kapada pasangan. Hal ini akan membantu Anda untuk memetakan hubungan jangka panjang sekaligus mencapai tujuan bersama. Selamat mencoba, Mams! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares