Style

Trik Sukses Baby Led Weaning

By  | 

Dalam memperkenalkan MPASI pada Si Kecil, tak hanya dalam bentuk puree (makanan yang dilumatkan), mamas juga dapat mengenalkan Si Kecil dengan metode alternatif lainnya, yaitu Baby-Led Weaning (BLW).  Berbeda dengan puree, BLW adalah metode memperkenalkan MPASI dengan melewatkan pemberian MPASI puree yang disuapkan pada Si kecil, dan memberi kesempatan padanya untuk memegang dan menyuap makanannya sendiri dalam bentuk finger food.

BLW diketahui memberikan kesempatan pada bayi untuk mengeksplor makanannya sendiri. Dengan begitu bayi akan lebih cepat menerima berbagai jenis tekstur makanan dan tidak pernah menolak makan apa pun yang disediakan. Sediakan finger-foods yang mudah dipegang Si Kecil, misalnya brokoli atau wortel yang telah dikukus ya, Mams!

 

mat_nov17-01

 

Mamas tak perlu khawatir Si Kecil akan tersedak saat makan dengan metode BLW. Menurut Studi BLISS (Baby-Led Introduction to Solids, 2017), mamas bisa melakukan beberapa trik berikut untuk sukses BLW, yaitu dengan:

1. Pastikan bayi siap makan dan terjamin keamanannya dengan:

– Posisi bayi sudah dapat duduk menegakkan dada mempertahankan posisi tersebut selama proses makan,

– Bayi selalu didampingi saat makan,

– Kenalkan bayi dengan makanan yang ukurannya dapat digenggam oleh bayi (finger food; makanan seukuran jari orang dewasa),

– Pastikan makanan yang diberikan cukup lembut sehingga mudah hancur di mulut,

– Hindari makanan yang berisiko menyebabkan bayi tersedak, yaitu makanan berbentuk seperti kacang, popcorn, buah anggur, dan lainnya,

2. Perkenalkan dengan berbagai macam makanan,

3. Bayi dapat makan bersama dengan anggota keluarga lain,

4. Hindari makanan cepat saji atau mengandung banyak gula dan garam,

Selain itu, menggunakan perlengkapan makan yang dapat mendukung proses BLW tentunya juga akan mempermudah Si Kecil saat makan. Seperti placemat dan bib dari Nuby contohnya.

Animal Placemat dari Nuby merupakan piring yang berfungsi juga sebagai placemat dengan permukaan yang tidak licin dan menempel pada alas yang rata, sehingga cocok untuk anak yang mulai belajar makan sendiri. Terdiri atas 2 ukuran, mini dan large, placemat ini memiliki warna dan desain yang beragam, seperti koala, gajah, monkey, dan banyak lagi.
Silicone Placemate

Silicone Placemate_greykoala

Silicone Placemat_redowl
Silicone Placemat_bluwhale
Dan untuk menjaga agar makanan Si Kecil tak mengotori bajunya, Mamas dapat mengenakan Silicone Bib pada Si Kecil. Silicone Bib dengan dekorasi 3D ini memiliki kantung pada bagian bawah untuk menangkap makanan yang jatuh. Bib ini terbuat dari material silicone yang sangat lembut dan mudah dibersihkan, memiliki kancing untuk mengencangkan pada bagian leher, dan panjangnya dapat di-adjust dengan 4 ukuran. Tak hanya itu saja, bib ini juga dapat digulung lho mams, sehingga praktis untuk dibawa berpergian.

Liffestyle 1A

All Silicone Bibs
Animal Placemat dan Silicone Bib ini bisa Mamas dapatkan di semua gerai Mothercare dan berbagai baby shop lainnya.

Nah, di Wednesday Givesaway minggu ini, Smart Mama dan Nuby mengajak Mamas untuk sharing bagaimana trik sukses mamas saat mengenalkan Si Kecil dengan metode BLW. Jawab di kolom comments ya, Mams! Mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Nuby. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, 1 Juli 2018. Happy sharing! (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. Nuby)

Shares