Parenting

Cara Mengajarkan Kemandirian pada Anak Autis

By  | 

Pada anak berkebutuhan khusus, kemandirian merupakan salah satu kunci terpenting untuk mereka bertahan hidup. Jika Anda merasa kesulitan melakukannya, cara dan tip berikut akan membantu. 

Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd., M.Si. dalam bukunya “1001 Cara Mengajarkan Kemandirian Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autis)” mengungkapkan ada tiga konsep kemandirian dasar yang dapat menjadi bekal hidup Si Kecil, diantaranya:

1. Kemandirian pribadi. Meliputi segala kegiatan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri secara langsung, mulai dari mandi, berpakaian, toileting, serta makan & minum. Diajarkan pada anak dengan kebutuhan khusus usia 5 – 8 tahun.

Mother and son on the sofa

2. Kemandirian pangan. Merupakan segala aktivitas yang berkaitan dengan aktivitas memasak dan berbelanja. Diajarkan pada anak dengan kebutuhan khusus usia diatas 13 tahun.

3. Kemandirian tempat tinggal. Mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan membersihkan rumah, mulai dari menyapu, mengepel dan mengelap kaca/meja. Diajarkan pada anak dengan kebutuhan khusus usia 9 – 12 tahun.

Nothing says love like a hug

Untuk mempermudah langkah Anda mengajarkan kemandirian, berikut tip yang diberikan oleh Dr. Imaculata:

1. Perkenalan dengan benda/tools di sekitar. Tunjukkan dan sebutkan benda – benda yang berada sekitar rumah. Toilet misalnya. Katakan, “Ini kloset, gayung untuk membasuh badan.”. Ajarkan juga cara menggunakan alat – alatnya secara bertahap.

2. Memberi label pada kata kerja. Setiap tindakan harus dijelaskan kalimat kerjanya. Misalnya ketika membasuh badan, katakan “Diguyur ya, biar bersih. Diguyur. Byur.. Byurr.”

3. Berikan pujian. Terutama setelah ia berhasil melakukan satu tahapan. Usap bagian tubuhnya (misalnya kepala) dan ucapkan, “Anak hebat!”

Yang penting untuk Mamas perhatikan adalah mengajarkan ketiga konsep kemandirian tersebut sesuai dengan tahapan usia. Lakukan perlahan & rutin, dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istoskphoto.com)

 

Shares