Career

Trik Semangat Bekerja Usai Libur Panjang

By  | 

“Kembali ke dunia nyata” atau “Harus ya besok kerja? Rasanya mau liburan terus saja”. Bukan hanya ini. Rasanya masih banyak kalimat penolakkan lain di kepala kita. Pikiran dan hati menolak bekerja setelah menikmati keseruan liburan panjang Anda.

Entah dilakukan sendiri atau bersama orang-orang tersayang, liburan panjang kerap menjadi momok kemalasan semua orang ketika harus kembali ke rutinitas biasanya. Istilah jet lag dan rasa malas di hari pertama kerja membuat pekerjaan tidak produktif.

Jika Anda merasakan hal serupa, cobalah melakukan tip dan trik di bawah ini. Lima hal di bawah ini ampuh membunuh rasa malas dan membangkitkan semangat di hari pertama kerja usai berlibur panjang.

1. Tidur Lebih Cepat. Pastikan Anda tidak tidur terlalu malam malam hari sebelum masuk kerja. Selain mencegah kesiangan di pagi harinya, mood Anda pun akan terkontrol lebih baik. Anda jadi memiliki waktu sedikit banyak untuk mempersiapkan diri menuju kantor atau lokasi kerja.

2.Motivasi Diri Sendiri. Tak perlu iri berkepanjangan dengan kerabat lain yang mungkin masih menikmati sisa liburan mereka yang lebih panjang. Ubah mindset dan bayangkan diri Anda tanpa pekerjaan. Perjuangan mencari pekerjaan, membuat lamaran, interview, dan tak punya penghasilan sendiri akan membuat Anda lebih bersyukur dengan pekerjaan yang sudah dimiliki.

3. Recovery Usai Liburan.  Ini, nih, yang biasanya menjadi alasan Anda menambah cuti atau izin usai liburan. Tubuh lelah karena tak memberikan waktu recovery setelah liburan—khususnya Anda yang melakukan perjalanan panjang—justru akan membuat semangat kerja Anda menurun. Rencanakan liburan dengan matang, termasuk perhitungkan waktu pulang dan istirahat sebelum kembali bekerja. Jangan sampai liburan untuk menghilangkan stres, justru malah menambah beban pikiran.

4. Berbagi Cerita Dengan Rekan Kerja. Bangunlah mood yang baik dari pagi hari dengan datang lebih awal ke kantor. Tak ada salahnya 15-30 menit pertama sebelum kerja, berkumpul dan berbagi cerita liburan Anda dengan rekan kerja lainnya. Tawa dan bahagia itu penting untuk membangkitkan semangat dan menyebarkan aura positif kepada diri sendiri dan orang lain.

5. Jangan Ada Hutang Kerja. Pastikan sebelum melakukan liburan panjang atau cuti dari kantor, Anda sudah membereskan hutang pekerjaan. Jadi, saat kembali bekerja di hari pertama, pekerjaan Anda tidak menumpuk—yang bisa mengakibatkan Anda makin stres. Paling menyenangkan lagi mengawali pekerjaan dengan membuat stategi untuk project berikutnya agar lebih siap dan matang. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares