Health

Pilihan Buah Untuk Stabilkan Gula Darah Usai Lebaran

By  | 

Usai hari Raya, waktunya kembali menyeimbangkan kondisi tubuh. Setelah bersilaturahmi, dan banyak mengonsumsi hidangan yang manis hingga berlebihan, waktunya Anda mengecek kondisi gula darah dalam tubuh. 

Agar kondisi gula dalam darah seimbang, salah satunya adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan. Kenapa mengonsumsi buah? Seperti yang dilansir dari everydayhealth.com, menurut American Diabetes Association (ADA), ada banyak jenis buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin serta mineral yang bagus untuk tubuh. Kandungan seratnya pun bisa menjadi nutrisi baik untuk menjaga kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes tipe II. Berikut ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk menjaga dan menstabilkan gula darah saat kamu sudah kebanyakan makan yang manis-manis.

Buah Apel
Satu buah apel bisa mengandung 77 kalori dan 21 gram karbohidrat. Selain itu, buah apel ini kaya akan serat dan sumber vitamin C yang baik. Bahkan kulitnya pun bernutrisi karena kaya akan antioksidan. Coba seimbangkan pola makan usai lebaran dengan mengonsumsi buah apel ya.

Buah Jeruk
Buah yang kaya vitamin C ini mengandung folat dan kalium yang bisa membantu menyeimbangkan tekanan darah. Satu buah jeruk bisa mengandung 15 gram karbohidrat dan 62 kalori. Mengonsumsi buah jeruk pun pasti memberikan kesegaran tersendiri.

Buah Pir
Buah pir kaya akan serat dan mengandung vitamin K. Baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat tubuhmu. Rasanya yang segar juga bisa mengatasi rasa eneg saat kebanyakan mengonsumsi kue kering yang terlalu manis.

Buah Kiwi
Buah kiwi kaya akan kandungan kalium, serat, dan vitamin C. Satu buah kiwi ukuran besar mengandung 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Buah ini juga cocok dikonsumsi untuk diet.

Buah Stroberi
Buah stroberi dan aneka berry lainnya seperti blueberry dan raspberry kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Buah stroberi pun sangat cocok dijadikan menu pencuci mulut dan menghilangkan rasa eneg. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

 

Shares