Finance

Tips Mengelola THR Dengan Bijak

By  | 

Tunjangan Hari Raya (THR), mungkin sudah Mamas dapatkan. Kendati hari raya tak sampai 2 minggu lagi, namun bila tak dikelola dengan baik, THR bisa habis begitu saja bahkan ujungnya jadi harus ‘nombok’ untuk merayakan hari raya nanti.

Agar terhindar dari hal yang tak diinginkan ini, yuk kita simak tips bagaimana mengelola THR dengan baik dari Tejasari Asad, Financial Planner dari Tatadana Consulting.

Tentukan Kegunaannya

Menurut Tejasari, sebaiknya kita rencanakan terlebih dahulu untuk apa kita menggunakan THR tersebut. Apakah semuanya untuk lebaran? Sebagian untuk bayar hutang? Sebagian untuk investasi? Atau semuanya akan ditabung ?

Meskipun THR yang kita dapat sah saja kalau kita gunakan semuanya untuk keperluan Lebaran, tapi sebaiknya juga jangan lupa dengan hutang atau kewajiban yang belum dibayarkan. Sebaiknya lunasi hutang-hutang kita dulu dan anggarkan saja budget hemat untuk lebaran. Dengan begitu kita tentunya akan merasa lebih nyaman apabila bisa berlebaran dengan sederhana, tapi hutang sudah lunas. Daripada Lebaran dengan mewah, tapi hutang menumpuk.

“Apabila kita masih memiliki hutang, sebaiknya gunakanlah THR untuk menyelesaikan sebagian hutang kita, dan gunakan sisanya untuk lebaran dengan hemat,” sarannya.

Selain itu, THR juga bisa kita sisihkan untuk hal lain yang memang sedang kita inginkan, seperti membeli suatu barang, menggunakannya untuk berlibur, atau ditabung untuk kebutuhan nanti, lalu sisanya bisa digunakan untuk keperluan lebaran.

Namun apabila kita memang tidak memiliki hutang, tidak ada keinginan apa apa, maka sah saja apabila kita ingin habiskan THR kita kali ini untuk lebaran saja.

 

Setting financial goals as a couple

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang Wajib Disisihkan dari THR

Kendati membayar hutang perlu diprioritaskan, namun Tejasari juga menyarankan agar sebelumnya kita juga wajib menyisihkan THR untuk beberapa hal berikut ini:

– Bayarkan zakatnya dan alokasikan untuk sedekah lainnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

– Bayarkan THR orang orang yang bekerja dengan kita, seperti untuk asisten rumah tangga, tukang sampah, supir, dll.

– Alokasikan budget untuk mudik. Bagi sebagian orang, jumlah THR yang didapat dirasa masih tidak cukup untuk mudik, karena tujuan mudik yang jauh dan biaya perjalanan untuk seluruh keluarga cukup besar.

– Sisihkan THR untuk keperluan hari raya seperti membeli kue, makanan, pakaian dan perlengkapan hari raya lainnya.

Kembali lagi, satu hal yang harus diingat, kalau THR tidak cukup sebaiknya kita tidak berhutang ya, Mams! Cukupkan saja semua biaya lebaran dari uang yang kita terima. Jangan tambah beban dengan berhutang untuk kebutuhan lebaran. Karena setelah lebarannya selesai, beban hutangnya wajib kita bayar lho. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares