Health

Panduan Menu & Gizi Sehat untuk Si Kecil Berpuasa

By  | 

Apakah Si Kecil mulai latihan berpuasa tahun ini? Jika iya, pastikan mamas mengetahui pola makan dan asupan makanan yang disarankan untuknya selama bulan ramadan, ya. Berikut panduannya. 

1. Pola makan tetap sama. Seperti halnya konsumsi makanan sehari – hari, yaitu makan 3 kali sehari; hanya saja waktunya disesuaikan dengan makan sahur, berbuka puasa dan makan malam:

Berbuka puasa menggantikan menu makan pagi, dalam porsi lebih kecil. Misalnya roti dengan selai atau sereal dan susu.

Family Eating Meal In Open Plan Kitchen Together

Makan malam setelah shalat isya atau tarawih, tetap dengan menu makanan yang biasa dikonsumsi saat makan malam bersama keluarga. Misalnya nasi dan lauk pauk.

Makan sahur menggantikan menu makan siang, misalnya pasta, nasi dengan sayur serta menu lainnya.

2. Selalu sisipkan konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. Seringkali anak – anak tergiur dengan menu berbuka puasa yang manis – manis ya, Mams. Jangan lupakan kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas per hari.

3. Makan sahur = 40% pasokan energi. 30% didapatkan dari menu makanan pokok, dan 10%nya dari snack sehat.

Bunny rabbit porridge oatmeal breakfast , food art for kids

Anjuran lain dalam menyiapkan menu sahur adalah makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara lambat tetapi bertahan lama; Si Kecil akan kenyang lebih lama.

Apa saja contoh menunya?

Seperti nasi merah, sereal, spagetti, anggur, pisang, jeruk, ubi jalar, kacang hijau, atau jus apel yang mengenyangkan. Selamat berpuasa, Kiddos! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares