Mind

Ibu Rumah Tangga VS Ibu Bekerja

By  | 

Saat ini, tuntutan hidup para Ibu semakin berat. Menjadi ibu bekerja ataupun menjadi ibu rumah tangga, dua-duanya tak lepas dari cibiran orang. Jika kita memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, ada saja selentingan yang mengatakan “Sudah sekolah tinggi-tinggi, kok hanya di rumah saja? Enggak sayang sama pendidikannya?” Sebaliknya jika kita menjadi ibu bekerja, ada juga yang mengatakan “Anak dititip-titipkan, ibunya asyik cari uang.” Duh! Serba Salah.

Terlepas dari apapun pilihan kita, jangan biarkan komentar negatif menguras energi dan memengaruhi keputusan kita. Ibu bekerja ataupun ibu rumah tangga sama saja. Karena hidup adalah sebuah pilihan, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, beberapa poin di bawah, mungkin bisa menjadi renungan Anda para Mamas.

 

Semua ibu itu ‘bekerja’

Baik di kantor maupun di rumah, sebenarnya semua ibu itu ‘bekerja’ dengan beban dan tugasnya masing-masing. Ibu bekerja bukan berarti menelantarkan anak demi uang. Banyak dari mereka yang tetap memiliki ikatan kuat dengan anak-anaknya karena memanfaatkan waktu secara efektif. Begitu pun ibu yang di rumah. Jangan salah, pengaturan rumah tangga membutuhkan kemampuan yang baik, lo. Jadi, jangan anggap ibu rumah tangga nggak bisa apa-apa ya.

Semua ibu berusaha yang terbaik untuk anak-anaknya

Rasanya tidak ada orangtua yang tidak melakukan hal ini. Itulah mengapa sebagian ibu memilih untuk tinggal di rumah dan membimbing langsung perkembangan anak-anaknya. Sementara lainnya bekerja untuk bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Semua ibu tidak ada yang ‘beristirahat’

Ya! Sebagai orangtua tidak ada kata istirahat, baik untuk ibu bekerja atau ibu di rumah. Kalaupun tidak mengurus langsung anak-anak di rumah, Anda pasti tetap memikirkan mereka kan? Perjuangan ibu bekerja biasanya terasa ketika kita menghadapi kondisi saat anak-anak membutuhkan, sementara kita dituntut profesionalitas dari kantor tempat kita bekerja. Sedangkan perjuangan menjadi ibu rumah tangga terasa saat kita dituntut untuk bisa melewati hari tanpa terjebak pada rutinitas yang membosankan. Intinya, tidak ada jeda dalam menjalani tugas sebagai orangtua.

Percayalah, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setiap pilihan memiliki risikonya masing-masing. Nikmatilah pilihan yang kita ambil tanpa perlu repot memikirkan komentar orang lain. Setuju ya, Mamas! (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares