Education

Fun Weekend at The Museum!

By  | 

Berbagai manfaat pendidikan seni dapat turut dirasakan oleh anak – anak sejak usia dini. Mamas dapat membantu memfasilitasinya dengan mengadakan kunjungan ke museum atas rumah seni & beraktivitas bersama. Rekomendasi acara berikut dapat menjadi inspirasi. 

IMG_0004

Anak – anak yang ditemui dalam acara “Weekend at the Museum: Art Workshop” bertempat di Museum Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan pada Sabtu (7/4/2018) terlihat antusias mengikuti berbagai kegiatan kesenian  yang fun bersama teman – teman baru. Membuka berbagai kelas workshop mulai dari tie-dye scarf, paperclip, puppet making, coloring sensory sand art, hingga paperclay, mereka berkreasi melalui medium art yang belum pernah dilakukan sebelumnya di dalam museum.

Acara yang diadakan rutin pada minggu pertama setiap bulannya ini merupakan salah satu seri pra-acara menuju perayaan 100 tahun seniman master Indonesia yang karyanya bank dikoleksi oleh Bapak Ir. Ciputra, yakni Hendra Gunawan, yang akan diadakan tengah tahun ini.

IMG_3312
IMG_3444

Dengan harapan seni dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak- anak hingga orang tua, Ciputra Artpreneur bekerjasama dengan Kredoo Indonesia dan Ichinogami – Komunitas Peri Kertas, juga Arthena yang turut serta menjadi fasilitator lokakarya kali ini bersama puluhan keluarga urban yang ingin menikmati suasana weekend yang artsy di dalam museum.

Berikut manfaat positif yang akan dipelajari Si Kecil saat belajar berkesenian menurut Kurikulum Pendidikan Usia Dini – TK, 2004):

1.  Fungsi Ekspresi. Yang akan membuat anak – anak memiliki kesempatan untuk mengungkapkan pikiran & perasaan dengan bebas dalam segala bentuk.

2. Fungsi Komunikasi. Menjadi salah satu tools bagi anak untuk menyampaikan perasaan tersebut.

IMG_3553

3. Fungsi Pengembangan Bakat. Setiap anak yang lahir memiliki bakat & kemampuan yang dibana sejar lahir. Aktivists seni dapat menadi jembatan untuk mengasah kemampuan tersebut.

4. Fungsi Kreativitas. Perlu diingat bahwa konsep kreasi tidak hanya proses menciptakan yang tidak ada menjadi ada, namun termasuk di dalamnya improvisasi.

Screen Shot 2018-04-10 at 11.57.48 AM

Mamas yang ingin mengikutsertakan Si Kecil (usia 3 – 13+ tahun) dalam workshop seru ini, masih memiliki kesempatan untuk bergabung di setiap bulannya. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di akun Instagram Artpreneur. Acara ini didukung oleh smartmama.com (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Ciputra Artpreneur)

Shares