Health

Ragam Pilihan Buah untuk Penderita Diabetes

By  | 

Seperti yang kita ketahui, penderita diabetes memiliki rambu-rambu tersendiri dalam mengonsumsi makanan dan minuman, agar kadar gula darahnya tetap terkendali. Walau begitu, bukan berarti kemudian Anda jadi menghindari buah-buahan karena takut akan kandungan gula dalam buah tersebut. American Diabetes Association (ADA) menyebutkan, bahwa kandungan vitamin dan serat dalam buah justru dapat membantu mengendalikan kadar gula darah Anda lho, Mams! Serat dalam buah yang mengenyangkan akan menunda rasa lapar, sehingga dapat mencegah penderita diabetes makan terlalu banyak.

Jadi tenang saja ya Mams, beberapa jenis buah berikut ini masih aman kok untuk dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes.

  • Stroberi. Tahukah Anda Mams, kalau satu mangkuk kecil stroberi sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari? Tak hanya itu saja, stroberi juga kaya akan potasium yang dapat mengendalikan tekanan darah, dan seratnya membuat rasa kenyang lebih lama. Bahkan menurut penelitian, penderita diabetes yang rutin mengonsumsi roti dengan buah stroberi, diketahui membutuhkan suntikan insulin lebih sedikit dibandingkan mereka yang hanya makan roti saja tanpa tambahan stroberi.
  • Melon Kuning. Buah ini sarat akan beta karoten dan vitamin C yang merupakan antioksidan. Selain itu, melon kuning juga merupakan sumber potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Tomat. Buah yang yang satu ini kaya akan likopen. Likopen ini mampu menurunkan kadar kolesterol LDL, yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah bagi penderita diabetes.
  • Beri Hitam. Selain mengandung vitamin C dan potassium, beri hitam (blackberry) juga kaya akan antioksidan antosianin yang membantu meningkatkan kadar HDL atau “kolesterol baik”.

 

Orange isolated on wood background

 

  • Jeruk. Buah yang satu ini merupakan sumber utama vitamin C. Karena itu, jangan lupa tambahkan buah jeruk dalam menu makanan Anda ya, Mams.
  • Alpukat. Tak perlu takut dengan kandungan lemak pada buah ini, karena lemak pada alpukat merupakan lemak sehat dari jenis polyunsaturated fat (lemak tak jenuh ganda). Selain itu, alpukat juga kaya akan kalori dan karbohidrat.
  • Pisang. Daripada mengonsumsi satu potong roti, lebih baik Anda mengonsumsi buah pisang yang mengandung sekitar 30 kalori, lebih rendah jumlah kalorinya daripada satu potong roti.

Konsultasikan pada dokter Anda untuk pilihan buah lainnya ya, Mams! Yang perlu diingat, apapun buah yang Anda konsumsi, selama porsinya tidak berlebihan, maka tidak akan mengganggu kadar gula darah Anda. Bahkan, penelitian juga membuktikan kalau bagi yang bukan penderita diabetes pun, konsumsi buah dapat mencegah risiko diabetes tipe 2. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares