Education

Fun Play Without Gadget

By  | 

Hi Mams! Sudah banyak literatur atau aturan penggunaan gadget yang disarankan untuk Si Kecil baik dari sumber luar negeri maupun lokal, termasuk Kementrian Pendidikan & Kebudayaan (Baca juga: Panduan Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak), tetapi tentu saja, setiap keluarga pasti memiliki peraturannya sendiri (Baca juga: Smart Mama Story: Screen Time for Kids). Begitu juga dengan Anda, ya? 

Beberapa aktivitas berikut dapat membantu Mamas menciptakan suasana bermain sehat dengan Si Kecil: Without gadget. 

ki- ka: Audience, Dian Rose, S.Psi, T.W & Praditha Permatasari, S.Psi, M.Ed

ki- ka: Audience, Dian Rose, S.Psi, T.W & Praditha Permatasari, S.Psi, M.Ed

Ditemui dalam acara “Talkshow & Diskusi Parenting ‘Bermain Sehat dengan Anak: Fun Play Without Gadget‘ Sekaligus Launching Juniordept.com”, Sabtu (17/3/2018) bertempat di kawasan Jakarta Pusat, Konsultan Pendidikan & Tumbuh Kembang Anak, Praditha Permatasari, S.Psi, M.Ed mengingatkan kembali bahwa sebaiknya anak – anak berusia 0 – 2 tahun tidak diperkenalkan dengan gadget. “Akses dengan gadget tidak akan memaksimalkan stimulasi indera tubuh selain telinga dan mata. Sementara pada usia balita, kelima indera tubuh ditambah indera peraba serta keseimbangan menjadi faktor utama yang sangat penting untuk diasah secara maksimal,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, mulailah untuk menciptakan waktu bermain sehat dengan tujuan utama yaitu melatih kemampuan sensorik dan motoriknya (Baca juga: 3 Permainan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus).

induk 6

Lalu, seberapa bahayakah kehadiran gadget untuk perkembangan bahasa Si Kecil?

Dalam acara yang diikuti oleh 30 mamas & anak melalui konsep playdate & story telling ini, hadir pula Terapis Wicara & Praktisi Montessori Dian Rose S.Psi, T.W yang menjawab keraguan tamu undangan, “Kita tahu keseimbangan otak kanan & kiri sangat diperlukan untuk memulai aktivitas wicara. Ada banyak sekali simultan dari tubuh kita yang aktif saat berbicara. Mulai dari otak, mata, ekspresi wajah, hingga gestur tubuh. Anak yang terbiasa mengakses gadget hanya akan mendapat stimulasi satu arah. Jadi memang sebaiknya dihindari.”

Tips untuk Mamas memulai sesi “Bermain Sehat Tanpa Gadget”:

1. Ciptakan komunikasi dua arah. Tidak seperti sifat komunikasi gadget yang hanya bersifat satu arah, mulailah berkomunikasi dengan Si Kecil & menanyakan responnya akan segala sesuatu yang menarik perhatian. Misalnya “Gimana rasa pudingnya? Enak?” atau mengajarkannya memahami warna dengan gestur tubuh yang menarik.  

induk 5

2. Kenalkan dengan permainan yang sekaligus melatih ketrampilan hidup, seperti kegiatan Montessori. (Baca juga: Mengenal Metode Montessori) Ajarkan Si Kecil ketrampilan hidup seperti mengancingkan baju, menuang/mencetak, hingga mengikat tali sepatu.

3. Aktif membuat schedule quality playtime setiap hari. Starts now! Mulai dengan menyusun aktivitas sejak Si Kecil bangun tidur hingga malam hari. Sisipkan kegiatan luar ruang yang menyenangkan untuk bermain dengan teman – temannya sehingga gadget tidak lagi menjadi prioritas,

ki - ka: Marissa Tjoegito, CEO JuniorDept.com & Praditha Permatasari, S.Psi, M.Ed

ki – ka: Marissa Tjoegito, CEO JuniorDept.com & Praditha Permatasari, S.Psi, M.Ed

Dalam kesempatan yang sama, Mama dari Tiara (1), Marissa Tjoegito selaku CEO JuniorDept.com mengaku sangat menggandrungi metode Montessori sehingga mengangkat tema ini menjadi sebuah acara yang bermanfaat bagi sesama mama. “Dengan background pendidikan saya yang belajar DNA melalui ilmu bio technology, saya memahami bahwa kemampuan & ketrampilan anak itu sudah ditentukan melalui DNA nya sejak usia dini, sehingga ketrampilan tersebut dapat dilatih oleh kita, para orangtua untuk semakin dikembangkan dalam masa pertumbuhan,” ungkapnya.

Juniordept sebagai tempat berbelanja produk kreatif, unik, dan inovatif bagi kebutuhan mamas mulai dari perlengkapan makan, mandi, tidur, hingga bermain untuk anak – anak usia 0 – 5 tahun mendukung konsep perkembangan tumbuh kembang anak melalui cara – cara positif, “Melalui acara ini saya berharap Mamas bisa mendapatkan ilmu dan saling bertukar  pikiran tentang aktivitas bermain yang sehat bersama Si Kecil.” tutup Marissa. Nah, bagaimana dengan Anda, Mams? Apa saja aktivitas bermain sehat yang Anda terapkan untuk Si Kecil? Share pendapat melalui kolom komentar, ya! Acara ini didukung oleh smartmama.com (Nathalie Indry/KR/Photo: dok.Sang Induk)

Shares