Parenting

Smart Mama Story: Screen Time for Kids

By  | 

Hi Mamas, berapa lama Anda memberikan durasi screen time kepada Si Kecil. Sekalipun para experts & American Academy of Pediatrics menyarankan durasi anak – anak berinteraksi dengan gadget pada usia terkecil (2 – 5 tahun) adalah tidak lebih dari 1 jam setiap hari, kami yakin Mamas pasti punya peraturan sendiri yang diberlakukan di rumah. 

Syahrizan Mansor, Vice President Nickelodeon Brand, Asia menyampaikan pendapatnya. Ditemui dalam acara Media Luncheon bersama Nickelodeon & Telkomsel, “Pengenalan Media untuk Aplikasi Ramah Anak Nickelodeon Play” (Baca juga: Nickelodeon Play, Aplikasi Aman & Seru untuk Si Kecil), Rabu (7/3/2018) di kawasan Jakarta Selatan, Ia mengungkapkan bahwa dirinya termasuk mama yang ketat pada pemberlakuan peraturan di rumah.

ki - ka: Mr. Eriek H. Lukito (Telkomsel) & Ms. Syahrizan Mansor (Nickelodeon)

ki – ka: Mr. Eriek H. Lukito (Telkomsel) & Ms. Syahrizan Mansor (Nickelodeon)

Mama dari Nur Adli (11) & Nur Irfan (8) yang kini berdomisili di Singapore ini mengungkapkan beberapa peraturan konsumsi gadget yang diterapkan untuk keluarga, “Saya tidak memberikan anak – anak pilihan untuk mengonsumsi Apps sampai usianya menginjak 5 tahun. Therefore, pilihannya hanya ada televisi atau gadget. Setiap hari setelah dinner time, saya memberikan mereka pilihan apakah akan menonton salah satunya, dengan waktu maksimal 2 jam saja dalam pengawasan saya.”

Batasi penggunaan gadget dengan cara ini

“Di tengah kesibukan, saya selalu mencoba untuk meningkatkan kualitas & kuantitas kebersamaan serta bentuk komunikasi dengan anak – anak. Jadi, sebisa mungkin waktu mereka akan habis dengan beraktivitas di sekolah/bermain, lalu berbincang dengan orang tuanya,” ungkap wanita yang dengan prestasinya berhasil masuk dalam daftar ContentAsia’s “Creative Top 20” tersebut.

Syahrizan Mansor

Yang juga penting dilakukan oleh setiap orangtua, menurutnya, adalah selalu melakukan observasi kepada anak – anaknya, “Jangan bandingkan Si Kecil dengan anak lain. Every child is different. Hal ini akan membantu kita, orangtua memberlakukan peraturan termasuk penggunaan gadget di rumah.”

I spend a lot of time talking with my children, mulai dari kehidupan sekolah hingga sosialisasinya bersama teman – teman. Rasa percaya penting untuk terus dibangun antara kita dengan anak – anak supaya era digital tidak menjadi ujung mata pisau yang mengancam,” tutupnya.

Nah, bagaimana dengan Anda, Mams? Ada peraturan khusus yang Anda terapkan untuk Si Kecil berinteraksi dengan gadget? Sharing melalui kolom komentar di bawah ini, ya.. (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Syahrizan, Istockphoto)

Shares