Health

Pilihan Diet yang Sesuai dengan Tubuh Anda

By  | 

Salah satu resolusi yang sedang Anda jalani saat ini pasti mengenai kesehatan. Ada yang ingin menurunkan berat badan, ada yang ingin rajin olahraga, ada pula yang ingin berhenti merokok. Lalu, apakah Anda salah satu mama yang memiliki resolusi menerapkan diet di tahun ini ? Jika ya, apakah diet yang Anda pilih sudah benar? 

Dilansir dari health.com, berikut adalah lima jenis diet yang bisa Anda terapkan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

1. Dash diet. Diet ini dirancang untuk membantu menurunkan tekanan darah bagi mereka yang memiliki penyakit hipertensi. Biasanya mereka hanya boleh mengonsumsi makanan yang dicampur dengan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Saat menjalankan diet ini sebaiknya mengurangi asupan garam yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah. Anda yang menerapkan diet ini ditegaskan untuk tidak sedikitpun mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, minuman manis, permen, susu berlemak.

2. Flexitarian diet. Flexitarian adalah gabungan kata dari fleksibel dan vegetarian. Diet ini mengharuskan Anda untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sepanjang waktu. Meski begitu, diet ini tidak mengharuskan Anda untuk berhenti mengonsumsi daging, hanya saja porsinya dikurangi.

3. Weight watchers diet. Weight watchers diet bukan berarti kami harus mengamati berat badanmu setiap saat. Tetapi diet ini adalah diet yang membatasi asupan kalori setiap harinya, agar kalori yang dibakar lebih banyak dibanding kalori yang masuk. Diet ini  mengharuskan Anda untuk menghitung asupan kalori dari makanan yang Anda konsumsi. Yes, diet ini  sangat menuntut kedisiplinan bagi yang menjalankan.

4. Mind diet. Mind diet adalah campuran dari diet dash dan mediterania. Diet ini cukup disiplin dalam pemilihan makanan. Jadi, Anda yang menerapkan mind diet bisa mengonsumsi sepuluh kelompok makanan, yaitu sayuran hijau, semua jenis sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, unggas, minyak zaitu, dan anggur. Kesepuluh jenis makanan itu dinilai baik untuk kesehatan otak. Sedangkan makanan yang harus dihindari masuk dalam lima jenis makanan, yaitu daging merah, mentega atau margarin, keju, permen, dan makanan cepat saji atau junk food.

5. Volumetrics diet. Diet ini cocok untuk Anda yang hobi makan. Pasalnya, diet ini tidak menerapkan pengurangan porsi makan, tapi memerhatikan banyaknya kalori dan lemak yang dikonsumsi. Syarat untuk menerapkan diet ini adalah harus menyukai sayur dan buah. Karena diet ini bertujuan untuk membuat orang kenyang dengan porsi besar, tetapi berat badan tidak naik karena tidak banyak mengonsumsi kalori dan lemak. Selamat mencoba ya, Mams! (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares