Interior Design

Do’s & Dont’s pada Dapur Anda

By  | 

Bagaimana seharusnya tampilan sebuah dapur agar dapat terlihat nyaman dan praktis, tentu sangatlah beragam. Bagaimana pun juga dapur adalah tempat yang akan disibukkan oleh beragam aktivitas seperti memasak, mencuci piring, menghidangkan masakan dan masih banyak lagi. Untuk itu, maka perlu adanya penataan komposisi dapur yang sesuai.

 

Penggunaan kitchen set saja contohnya, jika terlalu dipaksakan dengan konsep yang berlebihan, maka unsur kenyamanannya akan sulit didapat. Karena terkadang, penggunaan furnitur yang terlalu memadatkan ruang dapur justru dapat membuat suasana dapur terkesan gelap dan pengap. Berikut, 8 tip untuk Anda!

1. Jauhkan dapur dari benda koleksi Anda. Untuk sekedar meletakkan beberapa benda koleksi pada dapur mungkin masih bisa Anda lakukan. Namun sebaliknya, jika jumlah barang koleksi yang Anda pajang tersebut sudah masuk dalam kategori berlebihan, maka hal tersebut sebisa mungkin harus Anda hindari, agar tampilan konsep dapur utama Anda tetap terjaga keindahannya.

Scandinavian-kitchen-design

 

2. Terlalu banyak tempat buah. Memiliki tempat buah lebih dari satu bukanlah ide yang bagus. Ya, memang akan terlihat rapih, namun dengan meletakkannya diberbagai sudut dapur tentu akan membuat suasana dapur terlihat ramai.

 3. Penggunaan vas pada dapur. Peletakkan vas pada dapur tentu akan membuat dapur Anda terasa sempit, karena wujud vas tersebut benar-benar tak hubungannya sama sekali dengan kegiatan masak-memasak.
scandinavian-kitchen-design-with-retro-touches-1-554x692
4. Meletakkan buku pada dapur. Jika sudah digunakan, Anda dapat kembali meletakkan buku, majalah atau koran pada ruangannya di rumah Anda. Karena media informasi tersebut terbilang jarang digunakan secara konsisten di dapur, sekalipun buku yang Anda pajang adalah buku seputar menu masakan.
75690047559

5. Simpan perangkat dapur elektronik yang tidak sering digunakan di dapur. Untuk menjaga kebersihan dan kerapihan dapur, sebaiknya Anda simpan alat-alat keperluan dapur yang jarang Anda gunakan. Selain untuk kerapihan, tips ini juga berguna untuk menjaga perangkat-perangkat dapur elektronik Anda dari semprotan minyak, atau kotoran lain yang berasal dari aktivitas memasak.

6. Terlalu banyak menyimpan makanan kemasan.  Dalam hal penyimpanan, ada baiknya Anda gunakan salah satu rak khusus untuk makanan-makanan kemasan. Kenapa? Agar pengontrolan stok dapat lebih mudah dilakukan, daripada Anda memisahkan stok makanan kemasan tersebut ke berbagai rak lainnya. Selain pemantauan stok, tips penyimpanan ini juga sangat berguna bagi Anda untuk memantau makanan kemasan mana yang masih layak dikonsumsi atau tidak, mengingat setiap mekanan kemasan memiliki masa berlaku yang berbeda-beda.

 7. Komposisi tanaman hias pada dapur. Tip yang berkaitan tanaman hias ini juga menitikberatkan pada kuantitas dan dimensi tanaman hias yang ingin Anda letakkan pada dapur Anda. Jika terlalu besar, ruang gerak Anda di dapur akan terbatas, dan jika terlalu banyak maka akan mengurangi tampilan dapur Anda yang sebenarnya. Untuk itu, maka ada baiknya Anda letakkan beberapa pot kecil saja sebagai pemanis, agar dapur Anda tetap terlihat asri dengan kilauan warna hijaunya yang sederhana.
small-nordic-kitchen
8. Hindari menggantungi peralatan dapur Anda pada gantungan. Jika Anda cukup sering memasak, maka tak masalah jika Anda hanya meletakkan peralatan dapur Anda pada gantungan. Namun sebaliknya, jika Anda jarang menggunakannya, maka ada baiknya menyimpan semua peralatan dapur tersebut ke dalam rak yang tertutup, agar peralatan dapur Anda tak diselimuti debu, kuman atau hal lain yang mungkin saja hinggap ke peralatan tersebut saat Anda sedang tidak berada di rumah atau di dapur. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares