Style

Panduan Pemberian MPASI untuk Buah Hati

By  | 

Memasuki usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi Si Kecil tak lagi dapat tercukupi oleh ASI saja. Asupan tambahan berupa MPASI tentunya sudah dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya, guna mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Panduan Pemberian MPASI

WHO merekomendasikan agar Makanan Pendamping ASI (MPASI) ini paling lambat diberikan ketika Si Kecil berusia 6 bulan, dengan tentunya tetap meneruskan pemberian ASI. Pemberian MPASI ini tentunya juga terjadwal, memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan seimbang, serta MPASI yang diberikan aman untuk dikonsumsi bayi dan disajikan sesuai dengan kemampuan oromotornya.

 

IMG_20171211_155744_658

Ditemui di acara talkshow ‘Metode MPASI untuk Buah Hati’ yang disponsori oleh Nûby, dr. Natia Anjarsari Widyati, Sp.A dari Brawijaya Women & Children Hospital, menyarankan agar para mama memberikan MPASI kepada bayinya dengan makanan yang beragam, karena tidak ada 1 jenis bahan makanan yang mengandung semua zat gizi lengkap. Nilai gizi bahan makanan akan saling melengkapi. Karena itu, pemberian MPASI hendaknya bervariasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air yang dibutuhkan tubuh anak.

Bentuk penyajiannya pun hendaknya disesuaikan dengan usia bayi yang kemampuan oral dan organ pencernaannya belum sempurna, yaitu:

– Usia 6 – 9 bulan : Bubur saring.

– Usia 9 – 12 bulan : Bubur kasar.

– Usia ≥ 12 bulan : Makanan keluarga

 

Nûby Garden Fresh

Untuk memudahkan mamas menyiapkan MPASI Si Kecil, tentunya dibutuhkan tableware yang tepat guna. Dengan adanya perlengkapan makan dari Nûby yang sangat lengkap, mamas tak akan lagi kerepotan menyiapkan MPASI bagi Si Kecil. Bahkan, Nûby seri Garden Fresh ini memiliki beragam perlengkapan makan anak sesuai tahapan usianya lho, mams! Dengan begitu, mamas dapat menyiapkan homemade baby food yang sehat dan juga lezat untuk Si Kecil dengan lebih mudah.

 

1

 

Tak hanya itu saja, masih banyak benefit lain yang bisa mamas dapatkan dari memberikan Si Kecil homemade food dengan perlengkapan makan dari Nûby, yaitu:

  • Hemat sekitar 70% dibandingkan membeli makanan bayi instant.
  • Mamas mengetahui apa saja bahan makanan yang digunakan dan tentunya bebas dari bahan kimia atau pengawet.
  • Mamas jadi bisa lebih bereksplorasi dalam hal menu dan rasa.
  • Dapat memperkenalkan Si Kecil dengan tekstur dan rasa yang berbeda.
  • Go green, karena mamas jadi dapat mengurangi limbah. Makanan rumahan ini bisa disimpan dan dibekukan untuk diberikan pada Si Kecil di lain hari.
  • Memberi rasa puas dan bahagia karena MPASI Si Kecil terjamin kualitasnya.

 

2

 

3

 

Pengalaman membuat MPASI dengan Nûby ini pun juga sudah dirasakan oleh beberapa mama yang hadir di acara talkshow ini. Bertempat di pameran kebutuhan ibu hamil, bayi dan anak  IMBEX 2017 di JCC pada tanggal 2 Desember lalu, para mama ini turut berbagi pengalaman bagaimana mudahnya menyiapkan MPASI dengan perlengkapan makan Nûby di depan para peserta talkshow yang hadir di acara yang juga turut didukung oleh SmartMama.Com ini.

 

IMG_20171202_145742

 

Perlengkapan makan Nûby Garden Fresh ini bisa mamas dapatkan di seluruh gerai Mothercare di Indonesia, atau membelinya secara online di website www.mothercare.co.id. (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. Nuby, Doc. Smart Mama)

Shares