Health

12 Panduan Hidup Sehat dari WHO

By  | 

Want to be a good mama? Take care of yourself first. 

Ungkapan diatas mungkin sudah sering kita dengar, ya. Tetapi menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari? Its a different thing. Dengan padatnya rutinitas pekerjaan dan (atau) mengurus keluarga, keseimbangan kesehatan fisik dan mental serasa sulit diwujudkan.

IMG_20171127_180615

Baru – baru ini, Badan Kesehatan Dunia/WHO telah merilis 12 tip (I’ll take that as a reminder!) untuk hidup lebih sehat. Nah, poin mana yang menurut mamas sulit untuk dilakukan secara rutin?

Kami bertanya kepada 5 mama dan 3 diantaranya mengaku masih merasa kesulitan untuk menjadikan healthy eating sebagai bagian dari healthy habits; demikian juga dengan pemeriksaan kesehatan (Baca: List Medical Check Up Bagi Para Mama) (Baca juga: Pola Makan Sehat 5 Selebriti Mama). What should we do?

1. You’re the game changer. Ingatlah bahwa jika Anda memberikan contoh positif kepada seluruh anggota keluarga, maka kebiasaan sehat akan lebih mudah dibangun. Healthy mama = Healthy family.

Having advise with a gynecologist

2. Prioritas pemeriksaan kesehatan. Luangkan waktu dan biaya untuk melakukan pemeriksaan mammografi & pap smear terlebih dulu. Dengan estimasi biaya pemeriksaan mulai dari Rp 400.000, usahakan secepat mungkin mengetahui kodisi kesehatan payudara & serviks untuk mencegah terjadinya kanker. Sisanya, atur schedule untuk melakukan daily check up lainnya seperti kolesterol dan tekanan darah.

3. Libatkan Si Kecil. Ajak mereka untuk berkreasi di dapur menciptakan menu – menu makanan sehat yang baru. Tidak selalu sulit, konsep makan sehat dapat dimulai dengan mengganti minyak goreng atau semudah mengurangi konsumsi gula (Baca: Resep Mudah Eating Clean).

Bagaimana dengan Anda? Poin mana dari ke 12 tip WHO diatas yang masih menjadi tantangan berat untuk diwujudkan? Sharing pendapat mamas melalui kolom komentar di bawah, ya… Stay happy and healthy! (Nathalie Indry/KR/Photo: WHO, Istockphoto.com)

Shares