Mind

Fergie & Perasaan Bersalah Saat Menjalani Karir

By  | 

Mom guilt is real. Tidak hanya terjadi di lingkungan sekitar kita, selebriti mama Hollywood seperti Fergie juga mengalaminya. 

Mama dari Axl (4) yang baru – baru ini merilis album baru “Double Duthcess” mengaku dalam sebuah wawancara di program televisi ITV, “Lorraine” bahwa ia seringkali sedih saat merasa harus memilih antara karir dengan perannya sebagai seorang mama, “Dalam suatu kesempatan saat menuju ke studio untuk proses recording, saya menangis karena harus meninggalkan Axl dalam waktu yang cukup lama”, ujarnya.

Fergie & Axl (4) baru - baru ini memutuskan berpisah dari pasangannya, josh Duhamel.

Fergie & Axl (4) baru – baru ini memutuskan berpisah dari pasangannya, josh Duhamel.

Tidak hanya perasaan bersalah, ia juga mengungkapkan keresahannya karena merasa bahwa setiap kali dihadapkan pada keinginan untuk mengembangkan karier, selalu saja ada kekhawatiran dibalik keputusannya tersebut, karena secara tidak langsung akan mengesampingkan perannya sebagai seorang mama.

The men can have all the career in the world and still have children. Tetapi bila seorang mama yang melakukan keduanya, kita kerap menerima mommy shaming. Dianggap tidak mampu membesarkan anak – anak dengan baik, dan berbagai pendapat miring lainnya bermunculan. Seolah menegaskan bahwa work life balance itu tidak mungkin tercipta,” ungkapnya. (Baca juga: Smart Mama Story: Stop Mommy Shaming)

Menghadapi perasaan ini, ia lalu berusaha untuk terus mengingat bahwa bernyanyi & berkarya merupakan aktivitas yang tidak terpisahkan dari dirinya, “It’s who I am as a human.”

Kami percaya bahwa keluarga dan anak – anak akan dibesarkan dengan baik oleh seorang mama yang sehat baik secara fisik maupun psikis. For you working mamas, stop the guilt. Sugesti positif akan membantu menghapus perasaan bersalah itu (Baca: Q & A: Mengatasi Rasa Bersalah Sebagai Ibu Bekerja). Stay happy & enjoy work! (Nathalie Indry/KR/ Photo: Various)

Shares