Health

3 Makanan Bernutrisi Bagi Si Calon Mama dengan Kehamilan Overdue

By  | 

Mengonsumsi makanan cepat saji di akhir kehamilan memang sangat menggoda ya, Mamas? Walau begitu, mengonsumsi makanan sehat bernutrisi di masa ini justru akan memberikan perbedaan yang signifikan bagi Anda dan juga bayi dalam kandungan.

Bijaklah dalam memilih makanan bernutrisi, karena asupan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko gangguan kehamilan serta membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk melahirkan dan meningkatkan perkembangan bayi dalam kandungan. Apalagi bagi Mamas yang mengalami kehamilan overdue.  Berikut beberapa makanan bernutrisi yang disarankan oleh Dr Nicole Avena, neuroscientist dan penulis buku “What to Eat When You’re Pregnant”, bagi Mamas yang sedang mengalami kehamilan overdue.

 

Kiwi fruit slices on wooden table

 

1. Buah Kiwi

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa makanan bisa memicu persalinan. Jadi daripada memercayai mitos yang ada di luar sana, sebagai gantinya tetaplah mengonsumsi makanan padat nutrisi yang tidak membuat kembung dan dapat mengurangi sembelit seperti buah Kiwi. “Buah Kiwi mengandung vitamin C dan juga serat,” ujar Dr Nicole.

 

Sandwich with smoked fish

 

2. Ikan Sarden

Pastikan Anda terus mengonsumsi makanan kaya DHA yang baik untuk otak, terutama jika Anda berencana menyusui. “Karena Anda bisa melahirkan bayi Anda kapan saja saat ini, mengonsumsi DHA akan meningkatkan kadar DHA dalam ASI Anda. Salmon, ikan sarden dan ikan asin adalah sumber DHA yang bisa Anda konsumsi,” kata Dr Nicole.

 

various kinds of apples

 

3. Apel

Jika kehamilan Anda sudah memasuki overdue, tentunya Anda merasa tidak nyaman, stres dan frustrasi. Namun tetaplah jauhi makanan cepat saji dan ice cream sebagai camilan ya, Mamas! Selain bisa membuat Anda merasa terlalu kenyang, junkfood juga tak menambah nutrisi,” kata Dr Nicole. Sebaiknya ambil sedikit potongan apel atau buah berry. Selain manis, kedua buah ini juga kaya vitamin dan mineral. Anda juga bisa mencoba wortel dan seledri sebagai pilihan lain. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares