Health

Serunya Belajar Membuat MPASI Standard WHO di Arisan Orami 4

By  | 

Hi there, Mamas! Apakah Si Kecil kini sudah memasuki masa MPASI? (Baca juga: Kenapa MPASI Diberikan di Usia 6 Bulan?). Jika iya, pastikan kualitas sajian makanan yang akan diberikan sudah sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), ya! Berikut pembahasannya.

Ditemui dalam acara Arisan Orami 4: “Serunya Belajar Membuat MPASI Standard WHO” pada hari Sabtu (28/10/2017) di atrium fX Sudirman, dr. Ameetha Drupadi yang merupakan founder dan inisiator komunitas Pejuang ASI Indonesia mengungkapkan manfaat yang akan dirasakan oleh Si Kecil dengan asupan MPASI yang alami dan bergizi, “Semua bahan dan peralatannya dipilih dari yang mudah ditemukan, sehingga setelah event semua Mamas bisa mempraktekannya di rumah. Semua peserta diharapkan dapat memahami panduan pemberian MPASI yang telah ditetapkan oleh WHO,” ujarnya.

Berikut poin panduan utama WHO dalam pemberian MPASI bayi sejak usia 6 bulan:

1. Jumlah takaran makanan yang akan diberikan kepada bayi harus disesuaikan dengan kebutuhan kalorinya. Bayi berusia 6 – 8 bulan misalnya, membutuhkan 200 kalori yang akan terpenuhi dari pemberian puree sebanyak 2 – 3 kali sehari. Sedangkan pada bayi berusia 9 – 12 bulan, dibutuhkan 300 kalori yang tercukupi dari menu finger food atau puree sebanyak 3 – 4 kali sebanyak 250 ml dan ditingkatkan frekuensi serta jumlahnya sesuai dengan tingkat kenyamanan Si Kecil.

2. Tekstur puree sejak pertama kali diberikan di usia 6 bulan sudah diperbolehkan semi kental & bertahap diberikan makanan cincang halus sejak usia 9 bulan.

Lunch time

3. Keragaman jenis makanan terutama sayur dan buah disarankan untuk diberikan kepada Si Kecil sejak awal memulai masa MPASI.

Event yang dihadiri oleh 150 mamas tersebut merupakan bentuk komitmen Orami untuk memberikan edukasi kepada keluarga Indonesia, “Orami sebagai sahabat Mamas berkomitmen membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan calon mama dan bayi rutin mengadakan event Arisan Orami 2 bulan sekali. Event ini bertujuan agar mamas bisa mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang menyenangkan namun tetap memiliki unsur edukasi,” ungkap Wiliyanti Sung, Marketing Communication Manager Orami.
Semua peserta yang hadir mendapatkan goodie bag berisi product dan voucher dari Orami, Bambi, NUK, Mamabear, Mom & Jo Baby Spa, Miniapolis, Total 8+, dan makan siang dari Tumpeng Mini. Untuk Mamas yang belum sempat hadir di event Arisan Orami 1-4, jangan sampai ketinggalan event Arisan Orami 5 yang mengangkat tema “ASI vs Mompreneur” yang diadakan Sabtu, 16 Desember 2017 di atrium f3 fX Sudirman. Dapatkan info terupdatenya dengan mengikuti Instagram @Orami_ID atau facebook @OramiIndonesia. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Orami)

Shares